Pertama di NTT, BTC Gelar Trail Enduro Piala Bupati Belu di Kota Atambua Batas Negara RI-RDTL. Ini Jadwal dan Lokasi Pelaksanaannya!

421
Perlombaan jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro di Kabupaten Belu. Foto : Rony

ATAMBUA, The East Indonesia – Belu Trail Club (BTC) akan menggelar jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro memperebutkan Piala Bupati Belu I pada hari Sabtu besok tanggal 14 Oktober 2023.

Kegiatan ini akan start di Plaza Perizinan Atambua, Simpang Lima Atambua dan finish di GOR LA Bone Atambua.

Di belakang GOR LA Bone Atambua akan dilaksanakan perlombaan trail Enduro antar para raider.

Ketua Pelaksana kegiatan jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro memperebutkan Piala Bupati Belu I, Benedictus Manek saat ditemui media The East Indonesia di lokasi Trail Enduro belakang GOR LA Bone Atambua, Jumat (13/10/2023) menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas inisiatif dari komunitas Belu Trail Club (BTC).

“Tahun ini kita di Belu belum menggelar kegiatan motor off-road belum ada maka kita dari BTC berinisiatif melaksanakan kegiatan jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro memperebutkan Piala Bupati Belu I. Nah perlombaan trail Enduro ini merupakan yang pertama di NTT. Kita lakukan di Kota Atambua, Kabupaten Belu,” pungkasnya.

Baca juga :  Kepulangan Desak Rita Dijemput Bonus Rp 20 Juta dari Pemkab Buleleng

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memupuk persaudaraan di kalangan komunitas trail se-NTT dan negara tetangga Timor Leste.

Disampaikan kegiatan akan start pada pukul 08:00 WITA di depan Plaza Perizinan Atambua, kemudian langsung memasuki hutan untuk menjelajahi alam Rai Belu dan ditargetkan semua peserta finis di GOR LA Bone Atambua pada pukul 12:00 WITA.

Perlombaan trail Enduro akan mulai dilaksanakan pada pukul 13:00 WITA di belakang GOR LA Bone Atambua tepatnya di Taman Fronteira Atambua.

“Kegiatan ini sendiri akan dibuka dan ditutup oleh Pak Bupati. Konfirmasi terakhir beliau (Bupati Belu) juga akan ikut menjelajahi alam Rai Belu,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Benny Manek ini menerangkan bahwa peserta dalam kegiatan jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro memperebutkan Piala Bupati Belu I akan diikuti oleh ratusan pemotor trail dari daratan NTT dan Negara Timor Leste.

“Saat ini yang sudah mendaftar ada sekitar 200 raider. Para peserta yang daftar ada yang dari Negara tetangga Timor Leste dan lain di daratan NTT,” tuturnya.

Baca juga :  Pj Bupati Buleleng Lepas Rombongan Gerakan Pembumian Pancasila Menuju Rakernas ke-IV

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD kabupaten Belu menerangkan bahwa untuk persiapan lapangan sendiri sudah onfire dan menunggu waktu pelaksanaannya saja.

Foto para pengurus BTC di arena Trail Enduro. Foto : Rony

Untuk hadiahnya sendiri, panitia sudah menyediakan berbagai macam door prize diantaranya barang elektronik, sepeda listrik, sparepart motor trail, dan sepeda motor Bison.

“Para peserta akan mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dikecualikan bagi raider dari Komunitas Belu Trail Club/ BTC karena kita sebagai panitia pelaksana,” ujar Benny Manek.

Pada kesempatan tersebut, Ketua pelaksana kegiatan jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro memperebutkan Piala Bupati Belu I pun menyampaikan terimakasih kepada Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH, FINASIM yang telah membantu memfasilitasi kegiatan tersebut dan kepada beberapa sponsor dan swadaya komunitas BTC sendiri.

“Kami juga mengajak masyarakat di Kabupaten Belu khususnya kota Atambua untuk menyaksikan secara langsung jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro yang akan dilaksanakan Sabtu besok di GOR Tulamalae Atambua,” pintanya.

Baca juga :  Atlit Asian Games Asal Bali Banjir Hadiah Dan Sambutan Warga

Sementara itu, Ketua BTC, Shalim Abubakar menjelaskan bahwa di kabupaten Belu ada 4 komunitas trail yakni BTC (Belu Trail Club), ATC (Atambua Trail Club), JET (Jungle Explore Trail), SAT (Samodok Adventure Trail).

“Kita di Belu ada 4 komunitas trail yakni BTC, ATC, JET dan SAT. Kita semua sama-sama di Komunitas Belu Trail,” tuturnya.

Dikatakan bahwa untuk persiapan sendiri, BTC sebagai panitia sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan jelajah alam Rai Belu dan trail Enduro dan tiga komunitas lainnya siap untuk berlomba dalam kegiatan ini.

“Semua komunitas di Belu sudah siap untuk event Sabtu besok. Dengan perlombaan ini kita harapkan muncul bakat-bakat muda di Kabupaten Belu untuk nantinya kita dorong ke event-event lain yang lebih tinggi dengan harapan dukungan juga dari pihak Pemda Belu. Kita ingin anak-anak muda di Belu berkompetisi di arena yang tepat seperti saat ini,” ujar Shalim. (Ronny)

Facebook Comments

About Post Author