Bahas Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Masyarakat, INF Libatkan Pakar dari Tiga Negara dalam Seminar Internasional

101
SEMINAR - Institut Nasional Flores (INF) menggelar seminar internasional atau International Joint Seminar on Education, Social Science and Applied Science (IJESAS 1. Foto : Dok - AD

DENPASAR, The East Indonesia – Institut Nasional Flores (INF) menggelar seminar internasional atau International Joint Seminar on Education, Social Science and Applied Science (IJESAS 1). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor INF Dr. Yohanes Freadyanus Kasi, M.Pd, Selasa (28/10/2023). Internasional Joint Seminar menghadirkan para pakar dari tiga negara selain Indonesia yakni Filipina, Turki, Malaysia. Mereka adalah pembicara utama yang berpengalaman di bidangnya yakni Prof. Phil. Ari Widodo, M.Ed., dari Universitas Pendidikan, Indonesia, Prof Roel V. Avila, Ph.D., dari Philippine Normal Universitas South Luzon, Filipina, Prof Hasan Ozgur Kapici, dari Bogazici Universitas, Turki dan Prof. Madya Dr. Nor Azwadi bin Che Sidik, dari Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia. Selain pembicara utama, IJESAS 1 juga turut didukung oleh 30 narasumber undangan dari berbagai universitas di Indonesia yang ahli di bidangnya masing-masing di antaranya yaitu Dr. Achmad Samsudin, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Bambang Sumintono, Ph.D. dari Universitas Islam Internasional Indonesia, Prof. Dr. Deasy Arisanty, S.Si., M.Sc. dari Universitas Lambung Mangkurat dan Dr. Nor Farahwahidah binti Abdul Rahman dari Universiti Teknologi Malaysia.

Baca juga :  Triawan Munaf: Bekraf Itu Anak Angkat Kemenpar

Menurut Rektor INF, diskusi dan kolaborasi yang dibina dalam International Joint Seminar ini akan menjadi landasan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan pembangunan masyarakat yang lebih cerdas dan berkelanjutan di masa depan. Untuk itu seminar internasional ini berkolaborasi dengan 5 lembaga lainnya yaitu Asosiasi Pendidik Nusantara (Apentara), Dharma Samakta Edukhatulistiwa (DES) dan Borneo Riset and Education Center (BREC) serta sebagai Co-Host Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Kupang dan Universitas Samudra. Institut Nasional Flores sukses menyelenggarakan IJESAS 1 di meeting room Hotel Jayakarta, Labuan Bajo pada tanggal 28 Oktober 2023 secara offline dan online.

Tema yang digunakan dalam Internasional Joint Seminar ini adalah Camaraderie Toward Sustainable Prosperity : Accelerating Development on Applied Natural Sciences, Social Sciences, and Education at Post Pandemic. “Tema ini dinilai mampu mewakili kebutuhan di bidang pendidikan, ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu terapan saat ini dan di masa yang akan datang untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dan berkelanjutan setelah pandemi,” ujarnya.

International Joint Seminar ini menjadi forum media untuk peneliti, guru dan mahasiswa serta dosen untuk berbagi penelitian dan pengalaman. Sebagai ketua panitia IJESAS 1 Dr. Ari Syahidul Shidiq, M.Pd. mengungkapkan bahwa Internasional Join Seminar ini sangat sukses karena telah menerima 132 presenter, dan 72 di antaranya sudah diterima menyerahkan makalah lengkap untuk dipublikasikan ke berbagai penerbit nasional dan internasional.

Baca juga :  Dansesko Buka KKL Binsat Secara Virtual

Setidaknya ada 12 jurnal nasional telah bermitra dengan IJESAS untuk menerbitkan makalah yang telah menjalani review yang ketat diantaranya JPPIPA, Lambung Mangkurat Law Journal dan Jurnal Ecopsy. Selain itu, penerbitan artikel hasil IJESAS juga meluas ke penerbit yang terindeks Scopus yaitu Saintifik.net (https://www.scientific.net/), dan lima jurnal terindeks Scopus lainnya yaitu Journal CFD Letters (Q2), Journal of Advanced Research in Fluida Mechanics and Thermal Sciences (Q3), Advances in Science and Technology, Key Engineering Materials, Materials Science Forum, Solid State Phenomena, Defect and Diffusion Forum, Nano Hybrids and Composites. Selain itu, juga telah mendapatkan kontrak dengan penerbit berupa proceeding internasional terindex Web of Science (WOS) yaitu KnE (https://knepublishing.com/). Semua manuscript nantinya berdasarkan rekomendasi review akan diterbitkan pada publisher tersebut.

Dalam kegiatan tersebut terjadi pula perjanjian kerjasama (PKS) atau kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat antara Institut Nasional Flores dengan Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Kupang dan juga kerjasama ketiga Program Studi INF yaitu Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Baca juga :  Persiapkan Generasi Muda, Kasdim Tangerang Hadiri Pelantikan Mabicab

Perlu diketahui bahwa Institut Nasional Flores (INF) merupakan perguruan tinggi yang terdapat di Mbay, Kabupaten Nagekeo berdasarkan SK MENDIKBUD RI NO. 1074/M/2020 yang diselenggarakan oleh Yayasan Flores Mentari. INF menyelenggarakan 3 program studi yaitu Ilmu Pertanian (S1), Ilmu Perikanan (S1), dan Peternakan (S1). Saat ini, INF telah memiliki kurang lebih mahasiswa/i sebanyak 115 orang untuk 3 program studi.

Internasional Joint seminar yang dilakukan INF bersama lembaga lainnya merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan mutu lembaga dalam konteks Tridharma Perguruan Tinggi, akreditasi dan kerjasama dengan lembaga/asosiasi yang juga bertujuan pada peningkatan mutu pendidikan, penelitian serta publikasi ilmiah. Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INF, para pimpinan Lembaga yang berkolaborasi serta pada keynote speaker(Ad)

Facebook Comments

About Post Author