Air Terjun Cinta, Wisata Selfie Kekinian

Buleleng, Theeast.co.id – Buleleng terkenal dengan berbagai wisata. Salah satunya pesona air terjun yang ada di Buleleng tidak kalah dengan air terjun ternama lainnya di Bali. Contohnya seperti Air Terjun Cinta yang berlokasi di Puncak Wanagiri tak jauh dari wisata Wanagiri Hidden Hill. Tempat wisata yang satu ini memang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berswafoto. Tidak hanya itu, tempat ini juga kerap dijadikan lokasi untuk prawedding. Tak perlu mahal, hanya Rp. 1000,- pengunjung bisa berswafoto sepuasnya. Yang menarik dari tempat ini adalah dipasangnya sarang burung raksasa yang digantung pada dahan pohon di ketinggian ±2 meter.

Pengelola tempat wisata Air Terjun Cinta Ketut Ardika Yasa mengungkapkan, awal pengelolaan tempat wisata tersebut dimulai dari dibangunnya tempat Wisata Wanagiri Hidden Hill. Kemuadian barulah mulai dikembangkan wisata Air Terjun Cinta agar lebih kena oleh masyarakat luas. “Pengembangan ini awalnya dari obyek wisata Hidden Hill yang di atas ya, baru kemudian mulai dikelola tempat ini dan bagaimana nantinya bisa dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Untuk mendukung kondisi alam yang masih alami, pengelola membangun dua buah sarang burung raksasa yang terbuat dari rotan yang digantung pada dahan pohon besar. Hal tersebut terinspirasi dari burung
tangsiah yang kerap bertengger di pohon-pohon tersebut. Sarang burung itu pun dapat menampung 2 orang dewasa di dalamnya. “Kami sesuaikan dengan tema alamnya. Kebetulan ada pohon-pohon besar seperti ini jadi kami buatkan tempat selfie sarang burung. Ada yang menggantung ada juga yang bundar di bawah,” ungkapnya.

Dinamakan Air Terjun Cinta sebab pada bagian tengah terdapat gundukan tanah berbentuk hati yang diapit dua buah air terjun dengan ketinggian maisng-masing ±10 meter. “Itu ada dua air terjun yang mengalir dari atas dan bertemu jadi satu diujung bawah. Dari itulah sumber inspirasi pemberian nama air terjun cinta,” katanya lagi. Udara yang sejuk dan kondisi alam yang masih alami membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat tersebut. Mereka pun tak melewatkan kesempatan untuk mampir ke lokasi wisata yang satu ini. “Dari hari ke hari semakin meningkat. Jadi pengunjung betah lama-lama disini. Karena udaranya sejuk,” imbuhnya.

Keberadaan wahana untuk berswafoto di tempat tersebut tentunya sudah terjamin keselamatannya. Pasalnya wahana-wahana itu sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak membahayakan pengunjung. “Untuk keamanan pengunjung sudah terjamin dan tentunya pasti aman untuk para pengunjung,” tuturnya.
Menurut Ardika, lokasi Wisata Air Terjun Cinta ini tidak monoton menawarkan konsep sarang burung saja. Ia bersama tim juga akan memikirkan konsep lain untuk menunjang keberadaan Air Terjun Cinta tersebut. “Kedepan kami punya rancangan lain. Dan akan mengubah konsep sarang burung ini. Supaya orang tidak bosan. Tapi kami tetap menggunakan bahan yang natural,” katanya.

Salah satu pengunjung I Gusti Ayu Mas Rusita Putri mengaku terkesan dengan keberadaan lokasi wisata Air Terjun Cinta ini. Menurutnya, kebanyakan wisata air terjun terlihat biasa saja, namun di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati wahana lainnya pada sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Cinta. “Ini baru pertama kali ke tempat ini. Namun setelah sampai di lokasi air terjun rasa lelah jadi tidak terasa. Jalannya juga agak ekstrim. Tapi enggak apa-apa, yang penting have fun,” ungkapnya. (Nay)

Facebook Comments