Berita Positif Miliki Peranan Naikkan Imunitas Tubuh

SURABAYA, Theeast.co.id – Meluasnya penyebaran virus Covid-19 menimbulkan kecemasan tersendiri. Kekhawatiran berlebihan terpapar virus yang ditengarai kali pertama muncul pada akhir tahun lalu di Wuhan, Tiongkok, itu justru bisa berakibat buruk pada sistem kekebalan tubuh. Imunitas yang turun, rentan terinfeksi.

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Cahyono mengajak pimpinan media untuk terus meningkatkan penyajian berita-berita yang positif dalam upaya penanganan Covid -19. Sajian berita positif yang didalamnya berisikan keberhasilan penanganan Covid-19 oleh pemerintah dan semua pihak, akan membuat masyarakat semakin optimistis sehingga tumbuh rasa bahagia.

“Rasa bahagia dan selalu berpikir positif menjadi kunci menangkal dan mencegah terpapar virus Corona. Karena akan meningkatkan imunitas tubuh. Tentu, dibarengi dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, berolahraga, dan menjaga kebersihan,” kata Heru saat bertemu dengan pimpinan redaksi media cetak, televisi, online dan radio di Surabaya, Senin (1/4) malam.

Menurutnya, ketika seseorang merasa bahagia, tubuh akan mengeluarkan interferon-protein yang berfungsi melawan virus serta membentuk imunitas.

Heru menambahkan, sinergitas dengan media ini memiliki peranan penting dalam upaya penangkalan Covid-19. Masyarakat akan mendapatkan asupan berita yang terakurasi kebenarannya dan tidak mudah termakan hoax. Berita-berita hoax hanya akan menambah masalah baru yang membuat masyarakat semakin cemas karena sumber berita yang tidak jelas.

“Kami akan fasilitasi teman-teman media untuk mendapatkan sumber berita dari ahlinya, terkait upaya penanganan Covid-19 oleh Pemprov Jatim. Termasuk mendengarkan cerita langsung dari pasien yang sudah sembuh setelah terserang Covid-19, karena hal itu sangat penting bagi masyarakat,” terangnya.

Senada dengan Sekdaprov Jatim, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, perang terhadap Covid-19 ini adalah tugas bersama. Senergitas dan koordinasi dengan semua pihak menjadi penting, karena keberhasilan penanggulangan Covid-19 bukan beban satu pihak semata. Termasuk sinergitas dengan teman-teman media.

Media memilki peranan penting dalam menyajikan kebenaran suatu peristiwa. Termasuk upaya penanganan Covid-19 oleh pemerintah. “Alhamdulillah di Jatim kami menemukan mitra-mitra yang mudah diajak koordinasi dan membangun sinergitas, bersama” terangnya.(red).

Facebook Comments