IKANA Bali Diminta Bantu Pemerintah Sukseskan Prokes di Masa Pandemi Covid-19

201
IKANA Bali Diminta Bantu Pemerintah Sukseskan Prokes di Masa Pandemi Covid-19/theeast.co.id
IKANA Bali Diminta Bantu Pemerintah Sukseskan Prokes di Masa Pandemi Covid-19/theeast.co.id

DENPASAR, The East Indonesia – Ikatan Keluarga Nagekeo (IKANA) Bali yang berasal dari Kabupaten Nagekeo, NTT, diminta untuk ikut membantu pemerintah setempat dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Hal ini disampaikan Ketua Umum IKANA Bali Agustinus Indra Gunawan dalam pertemuan akhir bulan bertempat di Restoran Dapur Alam Sanur, Jumat malam (23/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut, tidak semua anggota IKANA Bali ikut diundang karena pertimbangan jumlah yang sesuai dengan Prokes. Peserta yang hadir hanya para pengurus inti di IKANA Bali, para pengurus dari unit di IKANA Bali, para pengurus inti dari masing-masing sub-unit yang ada di Kabupaten Nagekeo, NTT, serta anggota Ikatan Mahasiswa dan Pemuda (IKMAPENA) Bali.

Baca juga :  Bali Dinobatkan Sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik dalam Pengurangan Sampah

Dalam arahannya, Ketua Umum IKANA Bali Agustinus Indra Gunawan mengatakan, saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid 19. Kondisi ini juga melanda Indonesia dan Bali. Sebagai kelompok diaspora di Bali maka sudah menjadi kewajiban bagi siapa pun yang tinggal di Bali untuk ikut mendukung program pemerintah setempat.

“Dalam konteks pandemi saat ini, saya berharap semua warga IKANA Bali ikut mendukung program pemerintah setempat, terutama ikut menerapkan Prokes, untuk memutus mata rantai penularan Covid19. Jangan sampai kita menjadi penular atau bahkan tertular karena kecerobohan kita. Kita dukung pemerintah kita, tempat dimana kita hidup dan mencari nafkah saat ini. Jangan sampai kita menjadi kelompok perantau yang membuat susah pemerintah setempat, atau masyarakat setempat,” ujarnya.

Baca juga :  Sigap, Prajurit Korem Wijayakusuma Cek Kesehatan

Menurutnya, pemerintah sudah melakukan sosialisasi soal Prokes atau bisa dibaca di mana saja. Setiap orang wajib cuci tangan, mengenakan masker secara baik dan benar saat sedang berada di luar rumah atau berada di tengah keramaian dan yang paling penting adalah menjaga jarak dan hindari kerumunan. “Semua sudah sangat jelas. Panduan Prokes juga sangat jelas. Tinggal kita yang mau taat atau tidak. Jaga diri, jaga keluarga dan jaga lingkungan sekitar kita,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa selama masa pandemi ini banyak anggota IKANA Bali yang berdampak. Ada yang kehilangan pekerjaan. Ada yang kena PHK dan seterusnya. Ia meminta agar seluruh warga melihat seluruh skema bantuan sosial yang ditawarkan pemerintah. Semua peluang harus dimanfaatkan. Jangan sampai ditinggalkan.

Baca juga :  Lanal Sangatta Dukung Distribusi Bansos Pemkab Kutai Timur bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Penulis : Axelle Dae|Editor : Christovao Vinhas

Facebook Comments

About Post Author