12 Tahun Jadi Anggota Dewan, Srikandi Gerindra Walde Berek Ungkap Pesan dan Harapan

49
FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Belu 3 Periode, Januaria Awalde Berek.(tim)

ATAMBUA, The East Indonesia – Nama politisi wanita dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Januaria Awalde Berek selalu diperhitungkan dalam setiap perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) sebagai DPRD Kabupaten Belu. Bahkan dirinya digadang-gadang sebagai salah satu kaum wanita yang dapat dipersiapkan sebagai orang nomor satu ataupun nomor dua di Kabupaten Belu.

Bagaimana tidak? Raupan jumlah suara pada daerah pemilihannya selalu menjulang tinggi dalam mengamankan 1 kursi di gedung DPRD Belu.

Kehidupannya sebagai seorang wakil rakyat pun tidak diragukan lagi dalam memperjuangkan segala aspirasi masyarakat.

Angka yang manis, 09-09-09 menjadi momen bersejarah dalam hidup Srikandi Gerindra tersebut sebagai perwakilan rakyat daerah Kabupaten Belu.

Saat itu, tepatnya tanggal 9 bulan September tahun 2019, Januaria Awalde Berek resmi dilantik menjadi salah satu anggota DPRD Kabupaten Belu periode 2009-2014.

Bersama 34 orang lainnya, wanita kelahiran 3 Januari 1980 ini melakukan pengambilan sumpah/janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Pahala Simanjuntak S.H, M.Hum sebagai anggota DPRD Belu.

Pengukuhan sebagai anggota DPRD Kabupaten Belu pada pertama kalinya ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor: Pem.171.2/616/2009 tanggal 24 Agustus 2009 tentang penetapan pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Belu periode 2004 – 2009 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Belu periode 2009-2014.

Sekali melangkah, periode berikutnya (2014-2019), Srikandi Gerindra Walde Berek kembali dipercayakan menjadi wakil rakyat dan justru berhasil menduduki mobil DH 3 di Belu.

Waktu itu menginjak umur 34 tahun, Walde Berek telah berhasil menjadi Ketua DPRD Belu. Dirinya menjadi wanita pertama di Kabupaten Belu yang berhasil memang palu sebagai Ketua DPRD kabupaten Belu.

Dalam masa kepemimpinannya wanita yang memiliki riwayat pendidikan di SD Amahatan, SMPK HTM Halilulik, SMAN I Atambua dan Universitas Muhamadya Kupang ini bersama pemerintah, berhasil membawa beberapa keberhasilan menonjol di kabupaten Belu, diantaranya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Penetapan APBD sidang yang selalu tepat waktu, mendapatkan banyak dukungan anggaran dari mantan ketua komisi V, Fary Djemy Francis dalam hal infrastruktur, rumah layak huni dan lain sebagainya.

Baca juga :  Seklem AAL Pimpin Pembukaan Pengawasan Internal TW IV

Masih banyak kenangan indah disaat, ibu empat orang anak ini menduduki kursi Ketua DPRD kabupaten Belu.

Tak berhenti disitu, perhelatan Pileg periode 2019-2024 pada 2 tahun yang lalu menjadi seru dimana banyak penantang politikus hebat ikut bermain bersama di daerah pemilihan-nya (dapil 4).

Namun satu dari 30 kursi di gedung DPRD Belu tetap menjadi milik dari Srikandi Gerindra Belu, Januaria Awalde Berek.

Hari ini, Kamis (09/09/2021) menjadi genap 12 tahun, Walde Berek mengabdi sebagai anggota DPRD Kabupaten Belu.

Ucapan syukur kepada Tuhan, Bunda Maria dan para leluhur menjadi doa pertama yang dipanjatkan oleh istri dari Fransiskus Hibur ini.

“Tuhan itu maha baik. Tuhan itu sungguh penyayang. Tuhan itu murah hati. Karena kuasa Tuhan maka hari ini saya sudah genap dua belas tahun menjadi salah satu perwakilan masyarakat di gedung DPRD Belu. Sudah sepatutnya terimakasih yang pertama dan terutama saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Bunda Maria. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para leluhur yang selalu mendoakan saya hingga saat ini tetap tegak berdiri,” ungkap Walde Berek saat dikonfirmasi awak media The East Indonesia, Kamis (09/09/21).

Baca juga :  Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat di Papua Barat, Koarmada III Laksanakan Karya Bakti dari Kampung ke Kampung

Di hari istimewa yang kedua belas tahun ini, Januaria Awalde Berek mengucapkan terima kasih secara khusus kepada para pengurus Partai Gerindra yang selalu mendukungnya sehingga masih menjadi Wakil Rakyat di DPRD Belu.

Tak lupa, Walde Berek pun mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua elemen masyarakat yang selalu mendukungnya menjadi pejuang aspirasi rakyat di Kabupaten Belu.

“Terimakasih juga kepada bapak dan mama, keluarga besar, para ketokohan, struktur partai gerindra, relawan, akar rumput, organisasi- organisasi, simpatisan beserta semua yang tak dapat saya sebutkan satu persatu. Terimakasih atas dukungan, doa maupun aspirasinya untuk sama-sama membangun Belu dalam sistem pemerintahan yang ada,” tandasnya.

Srikandi Gerindra Walde Berek juga berterima kasih kembali kepada para pengurus partai Gerindra yang masih mempercayainya menjadi Ketua DPC dan Ketua Fraksi DPRD Partai Gerindra Kabupaten Belu.

Karenanya, dirinya berjanji akan memperbaiki struktur yang ada serta memperjuangkan kursi Dapil yang kosong dan mempertahankan kursi pada dapil yang sudah ditempati.

Sebagai ketua DPC Partai Gerindra Belu, Walde Berek juga akan berjuang mengamankan Pemilihan Umum yang akan datang.

Dihadiri istimewa ini, dirinya berjanji akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Belu demi kesejahteraan rakyat Belu.

Namun untuk saat ini, dirinya pun tidak bisa terlalu jauh berjanji untuk dapat memenuhi aspirasi masyarakat dikarenakan kemampuan keuangan Daerah yang masih saja difokuskan untuk menangani pandemi covid-19.

“Kita akan terus memperjuangkan aspirasi rakyat. Saat ini aspirasi yang sudah terjawab ya disyukuri dan yang belum tetap akan diperjuangkan. Namun masyarakat harus bersabar karena saat ini keuangan daerah kita sedang difokuskan untuk menangani pandemi covid-19 yang melanda seluruh penjuru negeri ini bahkan di dunia,” tutur Walde Berek.

Baca juga :  Ratusan Umbul-Umbul Menyambut Pembukaan TMMD Ke 104 Kodim 0913/PPU

Karena itu, pada masa pandemi covid-19 ini, Srikandi Gerindra Walde Berek menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Belu untuk selalu menaati secara baik dan benar protokol kesehatan covid-19, 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Sebagai anggota DPRD Belu, ketua DPC maupun ketua fraksi Gerindra DPRD kabupaten Belu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi 5 M protokol kesehatan covid-19 dan melakukan vaksinasi covid-19 sehingga kita semua bisa segera pulih dari pandemi ini,” imbuhnya.

Sebagai ketua fraksi dinyatakan juga fraksi partai Gerindra DPRD Belu akan selalu mendukung seluruh program pemerintahan yang pro terhadap rakyat.

Dihari istimewa ini, Mantan wanita pertama yang menjabat sebagai Ketua DPRD Belu tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Negara Republik Indonesia (Menhan RI), Prabowo Subianto yang melalui anggaran Menhan RI dibangunlah perguruan tinggi Universitas Pertahanan (Unhan) di Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL.

“Atas nama masyarakat kabupaten Belu, kami mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pertahanan Negara Republik Indonesia, bapak Prabowo Subianto yang dengan anggaran Menhan telah membangun Universitas Pertahanan di Belu, wilayah Perbatasan Negara Indonesia – Timor Leste. Terimakasih bapak atas dukungan dalam membangun Sumber Daya Manusia di daerah Perbatasan,” pungkas Walde Berek.

Dirinya mengharapkan gedung yang dikerjakan sejak akhir tahun 2020 itu dapat segera terselesaikan sehingga para generasi penerus NKRI dapat segera menempati gedung Unhan tersebut demi perkembangan Sumber Daya Manusia di daerah Perbatasan Negara RI-RDTL.

Penulis|Rony|Editor|Christovao

Facebook Comments