Dukung Pengembangan Usaha, DagperinkopUKM akan Bangun PLUT

241
FOTO : Kepala Dinas DagperinkopUKM Dewa Made Sudiarta pada Senin, (22/11).(tim)

SINGARAJA, The East Indonesia – Geliat koperasi dan usaha kecil & menengah (UKM) menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (DagperinkopUKM). Untuk itu, rencananya Dinas DagperinkopUKM Kab. Buleleng akan membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) sebagai fasilitas pengembangan koperasi dan UKM terutama dari segi sumber daya manusia (SDM).

“Jadi, tahun ini sudah teralokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Koperasi dan UKM untuk pembangunan gedung pusat layanan usaha terpadu,” jelas Kepala Dinas DagperinkopUKM Dewa Made Sudiarta pada Senin, (22/11).

Sudiarta melanjutkan, PLUT yang rencananya dibangun di dekat Kolam Renang Nirmala Asri, Banyuasri itu akan menjadi wadah aktivitas dari program-program kegiatan koperasi dan UKM.

Baca juga :  Ketua TP PKK Provinsi Bali Jalin Sinergitas dengan Organisasi Istri Perwira TNI AL

PLUT yang akan dibangun itu nantinya berisi berbagai fasilitas seperti ruang pelatihan, ruang perpustakaan, dan ruang co-working space.

Selain itu, akan disiapkan juga sejumlah ruang inkubator bisnis untuk digunakan mengembangkan bisnis berbagai sektor.

“Jadi ada 4 inkubator bisnis yang dirancang antara lain inkubator bisnis kuliner, agribisnis, handicraft, dan digitalisasi,” sebutnya.

Sudiarta juga menambahkan untuk mendukung aktivitas pengembangan koperasi dan UKM itu pihaknya akan menugaskan sejumlah konsultan atau tenaga pendamping ahli pada fasilitas pelatihan dan inkubator tersebut.

Melalui pembangunan PLUT yang rencananya dirampungkan pada tahun 2022 itu, Sudiarta berharap PLUT ini akan menjadi peluang bagi pelaku koperasi dan UKM di Kabupaten Buleleng dalam mengembangkan diri. “Kami berharap nanti fasilitas ini beserta sarana dan prasarananya betul-betul dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.

Baca juga :  TNI dan Warga Kompak Kerjakan Bedah RTLH TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel

Penulis – Wismaya|Editor – Christovao

Facebook Comments

About Post Author