Bupati Buleleng Tekankan Olahraga Sebagai Pembentuk Mental

12

SINGARAJA, The East Indonesia – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menekankan olahraga bisa menjadi sebuah wahana untuk membentuk mental. Khususnya untuk para generasi muda.

Hal itu diungkapkannya saat membuka Kejuaraan Tenis Meja Abhirama Devari Cup Tahun 2022 di Gedung Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Buleleng, Jumat (5/8/2022).

Agus Suradnyana menjelaskan olahraga akan melatih dan memberikan manfaat bagi mentalitas. Membentuk mental ini menjadi penting karena melalui olahraga, masyarakat akan menjadi manusia yang berintegritas. Melakukan hal-hal dengan transparan dan bertanggung jawab. Di pertandingan olahraga, menang kalah menjadi sehat. “Sehingga kita punya nilai kejujuran di dalam diri kita. Transparansi juga. Ini harapan kita. Jika kita punya kejujuran dan integritas saya yakin pemerintahan akan berjalan baik ke depannya,” jelas dia.

Baca juga :  Dandim Dampingi Dirut Bapas 69 Magelang Dalam Kegiatan Sepeda Santai

Dengan begitu, ia selalu menanamkan olahraga sebagai pilar dasar pembentukan mental. Masyarakat harus memiliki mental kuat sebagai penakluk tantangan. Tantangan selalu ada di depan manusia. Dengan menghadapi tantangan, masyarakat menjadi terpacu untuk sukses. “Sehingga bisa memenangkan pertarungan untuk menjadi kuat menjalani kehidupan,” kata Agus Suradnyana.

Agus Suradnyana menambahkan olahraga kerakyatan seperti ini perlu lebih digaungkan. Cerminan olahraga kerakyatan adalah keterlibatan masyarakat dalam jumlah besar. Partisipasi yang besar tersebut menunjukkan bahwa olahraga tersebut dicintai. Seperti di Kabupaten Buleleng, olahraga kerakyatan yang dekat dengan masyarakat adalah futsal, tenis meja dan juga bola voli. “Jika kita mengadakan kejuaraan tiga olahraga tadi pasti selalu ramai. Ini bukti olahraga tersebut merakyat,” imbuh dia.

Baca juga :  Lapas Kelas II Kerobokan Bali Gelar Turnamen Bola Voli

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Tenis Meja Abhirama Devari Cup Tahun 2022 Ida Bagus Eka Permana Putra dalam laporannya menyebutkan kejuaraan ini digelar dalam rangka menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Selain itu, untuk memberikan kesempatan bertanding bagi para atlet tenis meja dan meningkatkan prestasi. Kejuaraan terselenggara berkat kerjasama antara ST Abhirama Devari Banjar Adat Liligundi dengan PTMSI Buleleng. Peserta kejuaraan berasal dari desa dan kelurahan se-Kabupaten Buleleng. Dengan total 18 regu dan 18 pasangan dari sembilan desa. “Tidak semua kecamatan bisa berpartisipasi karena bersamaan menggelar juga kegiatan penyambutan HUT ke-77 RI. Kategori yang dipertandingkan adalah beregu putra non porprov, ganda putra non porprov, ganda umum eksekutif antar pimpinan SKPD. Hadiah berupa tropi, piagam dan uang pembinaan total Rp.15 Juta,” sebutnya.***

Baca juga :  Dandim Badung Ajak Ratusan Warga Gowes Keliling Kota Denpasar

Penulis – Wismaya

Facebook Comments

About Post Author