Wedomu Berhasil Juara Umum Kejuaraan Antar Unit Ranting Perisai Diri (PD) se-kabupaten Belu Tahun 2023

386
Foto bersama para atlet dan pelatih unit/ranting Wedomu saat menjuarai Kejuaraan antar unit ranting Perisai Diri se-kabupaten Belu. Foto : Rony

ATAMBUA, The East Indonesia – Unit/ranting Wedomu berhasil menjadi juara 1 umum kejuaraan Antar Unit Ranting Perisai Diri (PD) se-kabupaten Belu tahun 2023.

Kejuaraan antar unit/ranting Perisai Diri kabupaten Belu tahun 2023 berlangsung di GOR Rai Belu Atambua sejak tanggal 17 sampai 20 Desember dengan diikuti 201 peserta dari 13 unit ranting Perisai Diri yang ada di Kabupaten Belu.

Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM pada Minggu pagi, 17 Desember 2023 di GOR Rai Belu Atambua.

Unit/ranting Wedomu berhasil mendapatkan 15 medali emas, 5 medali perak dan 1 medali perunggu.

Sementara itu juara 2 umum berhasil didapatkan oleh unit/ranting Taruna dengan memperoleh 8 medali emas, 8 medali perak dan 4 medali perunggu.

Juara umum 3 diraih oleh unit/ranting Central dengan mendapatkan 6 medali emas, 8 medali perak dan 3 medali perunggu.

Selanjutnya juara umum 4 diperoleh unit/ranting Cartintes dengan mempunyai 1
5 medali emas, 4 medali perak dan 4 medali perunggu.

Baca juga :  Dandim 0803 Bersama Kapolres Madiun Gowes Sehat Lawan Corona

Sebelumnya diberitakan, saat membuka kegiatan kejuaraan Antar Unit Ranting Perisai Diri (PD) se-kabupaten Belu tahun 2023 menghimbau untuk semua cabang olahraga beladiri digunakan untuk menciptakan karakter-karakter generasi muda yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan berpartisipasi dalam menciptakan suasana aman dan nyaman di tengah masyarakat.

Terhadap para peserta yang mengikuti kegiatan Kejuaraan Antar Unit Ranting Perisai Diri (PD) se-kabupaten Belu tahun 2023, Wabup Belu meminta untuk menjunjung tinggi sportifitas sehingga kejuaraan berlangsung aman dan lancar serta bisa menciptakan atlet berbakat yang berprestasi.

“Kepada peserta dan semua yang terlibat, saya minta untuk menjunjung tinggi sportifitas, fair play, dan menaati segala peraturan yang ada. Jadikan ajang ini untuk memotivasi para atlet untuk bertanding dengan baik dan melangsungkan dengan aman dan lancar,” tutur Aloysius Haleserens.

Sementara itu, Ketua IPSI kabupaten Belu, Benedictus Manek menjelaskan bahwa kegiatan pertandingan antar unit ranting Perisai Diri Belu ini merupakan agenda tetap Kelatnas Perisai Diri cabang Belu.

Baca juga :  Tingkatkan Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim Blitar Laksanakan Garjas

Di Kabupaten Belu sendiri terdapat beberapa perguruan Pencak Silat salah satunya adalah Perisai Diri yang tergabung dalam organisasi IPSI kabupaten Belu.

Dijelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaring atlet-atlet berprestasi pada perguruan pencak silat Perisai Diri dan mempererat tali persaudaraan diantara anggota Perisai Diri cabang Belu.

“Kejuaraan ini sudah dilakukan sejak tahun 2004 dan rutin sekali setiap tahunnya. Kegiatan kejuaraan Perisai Diri ini biasanya dilakukan untuk mencari bibit baru sebagai kaderisasi atlet silat di Kabupaten Belu sehingga ini sebagai ajang persiapan untuk menghadapi event-event yang akan datang di kancah kabupaten, provinsi dan Nasional bahkan Internasional,” tutur pria yang akrab disapa Benny Manek.

Karenanya, pria yang juga memiliki jabatan sebagai Ketua Komisi III DPRD kabupaten Belu ini mengatakan bahwa IPSI Kabupaten Belu sangat memberi apresiasi kepada cabang-cabang Pencak Silat yang terus mempersiapkan para atlet nya untuk berprestasi di event yang lebih tinggi lewat kejuaraan unit ranting seperti ini.

Baca juga :  Deklarasi Army Cycling Club, Wakasad Kembangkan Olahraga Sepeda di Tanah Air

“Ini sangat baik. Pengkaderan terus disiapkan. Sebagai Ketua IPSI, diharapkan untuk para atlet yang bertanding bisa menggunakan ajang ini sebagai melatih, membiasakan diri untuk mengeluarkan semua teknik yang sudah diberikan oleh pelatih masing-masing. Ketika nanti mereka menuju ke kejuaraan IPSI mereka sudah siap untuk bertanding dan mendapatkan prestasi,” pungkasnya.

Diketahui pula bahwa Unit Ranting yang berpartisipasi dalam ajang tahunan Perisai Diri tahun 2023 yakni Lamaknen Selatan/Laksel, SMP Turiskain/ Spentur, Memoli, Weluli, Wedomu, Naresa, Haliwen, Laley, Cartintes, Taruna, Donbosco, Central dan Haliulun. (Ronny)

Facebook Comments

About Post Author