Ikuti Diklat Mini dari PPMT Soe, 40 Orang WBP Lapas Atambua Dilatih Membuat Minyak VCO

82
WBP Lapas Atambua saat mengikuti pelatihan pembuatan minyak VCO di Aula Lapas Atambua. Foto : Rony

ATAMBUA, The East Indonesia – Sebanyak 40 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Atambua mengikuti diklat mini pembuatan minyak VCO dan peluang usahanya yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Misi Terpadu (PPMT) Soe pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

Bertempat di Aula Lapas, pukul 08.00 WITA, 40 orang WBP mengikuti materi diklat yang disampaikan oleh Instruktur, Ayub Timu Nahum.

Turut hadir dalam diklat tersebut Ka.KPLP, Adi Maxim Li, Kasiminkamtib, Jeremias Gusmao, serta Kasibinapi & Giatja, Henok Mabilehi.

Dalam diklat tersebut WBP diajarkan membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan teknik rumahan yakni penyulingan.

“Tips membuat VCO dengan menggunakan kelapa tua dan dipastikan kebersihan bahan,alat masak dan tangan saat proses pembuatan sehingga menghasilkan minyak murni berwarna putih bening dan aroma gurih kelapa tidak tengik” tutur Instruktur, Ayub Timu Nahum.

Baca juga :  Kemendikbud Selenggarakan Kegiatan Organisasi Kepemimpinan Jenjang SMP, Kuatkan Karakter Siswa

Kalapas, Bistok Oloan Situngkir mengatakan bahwa menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang dibangun dengan PPMT Soe yang akan memberikan pelatihan kerja bagi WBP di bidang peternakan, pertanian, budidaya jagung serta budidaya cabe.

Dikatakan kerja sama antara Lapas Atambua dan PPMT Soe adalah upaya pemberdayaan WBP untuk dilantik keterampilan kerja serta dibuka wawasannya mengenai teknik pemasaran dan keuntungan yang diperoleh apabila dapat memproduksi VCO sendiri.

“Pemberian pelatihan keterampilan ini diharapkan memberikan kecakapan hidup, mereka dibimbing agar berguna, aktif, dan produktif dalam kehidupan masyarakat” pintanya Bistok.

Untuk diketahui pelatihan ini dilaksanakan atas perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Atambua, Bistok Oloan Situngkir dengan Ketua Pusat Pelatihan Misi Terpadu (PPMT) Soe, Pdt. Jhon Thio sebagai terobosan baru pemberdayaan skill dan keterampilan kerja bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Baca juga :  SMIK Career Expo Buleleng, Gandeng 30 Perusahaan Serap Tenaga Kerja

Produk minyak VOC sendiri akan dilakukan uji lab di kupang sebelum dipasarkan ditengah masyarakat. (Ronny)

Facebook Comments

About Post Author