Tarik Ribuan Wisatawan, Nusa Penida Festival 2017 Tegaskan Bali Aman

278

SEMARAPURA – Perhelatan tahunan Nusa Penida Festival (NPF) 2017 secara resmi ditutup oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di pantai Mahagiri Desa Jungutbatu Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (9/12/2017). Selama empat hari digelarnya NPF, event yang sempat diundur pelaksanaannya akibat meningkatnya aktivitas Gunung Agung mampu menarik kunjungan ribuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Menurut I Nyoman Suwirta, meski telah ditutup tetapi aura Nusa Penida Festival yang mempunyai tagline “The Blue Paradise Islands” tidak boleh berhenti sampai disini. Mengingat inti dari promosi pariwisata adalah tidak hanya saat pelaksanaan festival saja tetapi setelah kegiatan itu selesai yang ditunjukkan dengan meningkatnya geliat perekonomian dan pariwisata. “Harapan kita melalui festival, memberi motivasi pada semua, bahwa apapun kondisnya kita harus tegar dan tetap semangat,” ujar Suwirta.

Baca juga :  Febri Yuliandari Dan Diva Dewata Jegek Bagus Millenial Polres Buleleng 2019

Lebih jauh, I Nyoman Suwirta mrnjelaskan masyarakat Nusa Penida khususnya Lembongan dan Jungutbatu yang 90 persen bergantung didunia pariwisata tidak boleh berjalan sendiri dan melawan aturan. Menurut Bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini pariwisata harus berjalan bersama dengan mengikuti aturan yang ada. Ia juga mengajak masyarakat untuk mulat sarira, merenung ditengah menyusutnya semangat menyama braya. “Kita harus mampu meyakinkan bahwa Nusa Penida, Bali aman,” tegasnya.

Terait pengembangan pariwisata Nusa Penida, lanjutnya, Pemkab Klungkung telah merancang pembangunan pelabuhan segitiga emas yang menjadi pintu utama. Selain itu, pengelolaan destinasi ini kedepan telah dirancang akan dikelola dengan badan pengelola untuk meningkatkan pendapatan daerah.

NPF 2017 ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba yang digelar selama pelaksanaan festival. Diantaranya lomba gebug bantal, lomba megala-gala, lomba memasak ikan laut, lomba merangkai perani, lomba merangkai tali bulung, lomba busana adat kepura bagi wisatawan asing, lomba stand up paddle, lomba miniatur perahu layar, lomba renang dan lomba foto nusa penida festival 2017. Berbagi hiburan juga ditampilkan dalam acara penutupan tersebut seperti tari tradisional, hiburan lagu Aya dan Laras, Tika Pagraky dan Denada.

Baca juga :  Discovery Kartika Plaza Hotel “Saturday Weekend Brunch”

Sementara itu Panitia NPF 2017 Wayan Gede Abhyudaya menyampaikan syukur atas kelancaran pelaksanaan festival. Menurut Abhyudaya, suksesnya pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan semua pihak. “Kekurangan akan kami jadikan evaluasi untuk kegiatan ditahun berikutnya,” paparnya.

Nusa Penida Festival (NPF) merupakan ajang promosi pariwisata budaya dan keindahan alam Nusa Penida. Festival mengambil lokasi yang berbeda-beda di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dengan tiga Pulau yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Tahun ini Nusa Penida Festival dilaksanakan di pantai Mahagiri Desa Jungutbatu Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. (*)

Facebook Comments

About Post Author