Pemkab Badung Motivasi Minat Baca di Lapas Wanita Kerobokan

518

Denpasar, Theeast.co.id-Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung berkunjung ke Pojok Baca Lapas Wanita di LP Kerobokan Denpasar, Senin (16/7).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk membuat Pojok Baca di Lapas Wanita Kerobokan agar termotivasi membaca bagi kaum wanita.

Saat ini minat baca warga binaan terutama wanita masih digolongkan sangat lemah dan rendah.

Pojok Baca sangat diperlukan untuk membuat Pojok Baca dengan tujuan membudayakan minat baca masyarakat.

Kunjungan ini dipimpin Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan, Kepala Bidang Pembinaan, Kepala Bidang Layanan dan Pelestarian, Kepala Seksi Layanan Perpustakaan serta Kepala Seksi Pembinaan.

Baca juga :  Pemkab Badung Gelar Pembinaan dan Pelatihan Keselamatan Berlayar Nelayan dan Wisata Bahari

Rombongan diterima oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Ibu Prasetyo Pratiwi didampingi oleh Kasubid Registrasi dan Infokom serta Bapak I Made Astra dari Kantor Wilayah Kemenkumham Bali.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani mengatakan, membaca dapat memperluas wawasan berpikir seorang napi, membangkitkan semangat kepada para napi dalam menjalani masa hukuman agar mengisi hari-hari di dalam tahanan dengan hal-hal yang positif seperti membaca.

“Mengingat dengan jumlah yang cukup banyak, harapan kami potensi yang dimiliki oleh para Napi perempuan yang berada di LP Kerobokan melalui membaca mereka mampu menambah wawasan berpikir positif sehingga dengan adanya pojok baca dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dan menggugah hati para napi,” Ni Wayan Kristiani.

Baca juga :  Wabup Suiasa Hadiri Puncak HUT Ke-55 ST Garuda

Tambahnya, “dengan membaca banyak ilmu yang kita dapatkan serta dapat merubah wawasan berfikir kita. Tataplah masa kita depan dengan penuh harapan, sabar dan iklas karena keluarga kita menunggu dengan penuh harap,” ujarnya

Kedatangan rombongan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung disambut sangat baik oleh Kepala Lapas Perempuan beserta jajarannya, dimana kedatangan ini merupakan berkah bagi kami semua warga lapas ini melalui kunjungan ini kami harapkan agar dapat dipromosikan kegiatan para napi dibalik jeruji besi.

Para Napi disini dapat berkarya serta berusaha mengisi hari-hari mereka dengan beberapa usaha merajut, catering, laundre, daur ulang Koran, menulis, dan mereka dapat juga menghasilkan uang untuk bekal mereka di dalam penjara bahkan mereka dapat mengirim uang untuk keluarga mereka.

Baca juga :  Badung Kampanye Gemar Makan Ikan Melalui Festival Budaya Perikanan

Kegiatan inovasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung dengan tersedianya pojok baca diharapkan para napi dapat memanfaatkan waktu luang walaupun berada di balik jeruji besi. (Remi)

Facebook Comments

About Post Author