Bali Raih Pelayanan Tamu Hotel Terbaik Asia

245

Denpasar,Theeast.co.id – Bali sebagai destinasi terbaik dunia kembali meraih Guest Satisfaction Score (GSS) Threshold Program atau tingkat kepuasan tamu terbaik dalam pelayanan hotel di Asia. Menariknya, Indonesia masuk 5 besar pelayanan tamu terbaik di hotel dan Bali meraih peringkat pertama yang diraih oleh Hotel Best Western Premier Agung Resort Ubud, Gianyar Bali. Sementara empat hotel lainnya tersebar di Surabaya, Bandung, Makasar. Poling ini dilakukan oleh Medalia Online Survey yang mengumpulkan pendapat, pesan, kesan, dari para tamu yang pernah menginap di berbagai hotel berbintang di Asia. “Ada 109 hotel di Asia yang masuk dalam survei dari Medalia Online Survey. Ratusan hotel itu tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Cina, India, Thailand dan berbagai negara lainnya. Dan Indonesia masuk 5 besar, dan Bali meraih nomor satu pelayanan tamu hotel terbaik di Asia, yang diraih oleh Hotel Best Western Premier Agung Resort Ubud, Gianyar Bali,” ujar General Manager Best Western Premier Agung Resort Ubud, Bali, Alit Martini, Jumat (12/1).

Baca juga :  Perluas Ekspansi Bisnis, Artotel Indonesia Luncurkan Artotel Beach Club dan Artotel Haniman Ubud

Menurutnya, poling yang dilakukan oleh Medalia Online Survey sama sekali tidak melibatkan pihak internal hotel. Medalia Online Survey ini mengumpulkan pesan, kesan, usul, saran, pendapat, dari para tamu hotel. Mereka lalu merangkumnya dan menyimpulkan hotel berbintang mana yang paling baik dalam pelayanan tamu. “Pihak hotel, para karyawan, manajemen hotel tidak pernah ditanyai soal poling ini. Jadi tamu sendirilah yang memberikan penilaian. Ini bukti bahwa dunia semakin transparan, tamu bisa membuat sebuah hotel layak dihuni atau tidak. Kami sendiri pun kaget ketika nama hotel kami diumumkan menjadi pelayanan tamu hotel terbaik di Asia. Ini selain prestasi, tetapi juga sebuah tantangan tersendiri, dimana kami harus mempertahankan prestasi tersebut,” ujarnya.

Baca juga :  Menpar Ingatkan Bupati Manggarai Barat Jangan Cuek

Medalia Online Survey adalah media berjejaring yang biasa digunakan oleh para tamu hotel yang menginap di berbagai hotel berbintang di kawasa Asia. Para tamu hotel itu biasanya memberikan penilaian mereka terhadap hotel yang mereka tinggal. Jaringan ini sangat terkenal bagi para turis mancanegara yang melalangbuana ke berbagai negara di Asia. Penilaian dilakukan baik oleh perorangan, pasangan, group maupan tamu keluarga. Hasil penilaian para tamu ini dirangkum, dan disimpulkan jika salah satu hotel di Bali meraih peringkat pertama di Asia.

Beberapa rangkuman penilaian ternyata sangat sederhana. Antara lain soal kebersihan kamar, mulai dari kebersihan ruang, toilet, kamar mandi dan sebagainya. Ada lagi soal fungsi. Apakah barang-barang yang ada dalam kamar hotel itu berfungsi dengan baik atau tidak, mulai shower, televisi, pemanas air, lampu, kulkas, dan sebagainya. Kemudian ruang makan, mulai dari kebersihan, menu, ketepatan, ketersediaan, dan seterusnya. Masih banyak lagi item lainnya yang dinilai, namun yang paling penting adalah pelayanan dan keramahtamahan para pelayanan. “Ini ternyata sangat penting. Para tamu itu ternyata melihat, apakah kita responsif, proaktif, cepat tanggap kebutuhan atau keperluan tamu, ramah, sopan dan murah senyum. Tamu rupanya sangat terkesan di hotel kami. Ini tantangan tersendiri,” ujarnya.(Axelle Dae)

Facebook Comments

About Post Author