Jelang Pertarungan Pilkada Belu 2020, AT-AHS Ziarah Ke Pekuburan Raja Mandeu

Jelang Pertarungan Pilkada Belu 2020, AT-AHS Ziarah Ke Pekuburan Raja Mandeu/theeast.co.id

Jelang Pertarungan Pilkada Belu 2020, AT-AHS Ziarah Ke Pekuburan Raja Mandeu/theeast.co.id

ATAMBUA, The East Indonesia – Menjelang pemilihan kepala daerah Kabupaten Belu pada akhir tahun 2020, pasangan bakal calon dr. Agustinus Taolin, Sp.PD, KGEH (AT) dan Drs. Aloysius Haleserens, MM (AHS) berziarah ke pekuburan raja Mandeu, Senin (29/06/2020).

Kunjungan ke makam raja Mandeu ini sebagai bentuk pemantapan niat sekaligus berdoa meminta dukungan arwah leluhur raja-raja Mandeu untuk bertarung pada Pilkada Belu yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2019.

Pantauan awak media ini, pasangan bakal calon Bupati Belu dr. Agus Taolin (AT) dan Wakil Bupati Belu Drs. Alo Haleserens (AHS) bersama sanak keluarganya mendatangi pekuburan Raja Mandeu, Hendrikus Tefa Seran dan Fransiska Bikitji Banunaek di Dusun Manumutin, Desa Rafae, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Kedatangan kedua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati itu didampingi juga Raja Naitimu, Vinsensius Rodrigues Manek. Mereka pun diterima oleh Raja (Nai) Mandeu, Theodorus Seran Tefa bersama para ketua suku Mandeu lainnya.

Usai melakukan ziarah, Agus Taolin dan Alosoysius Hale Serens mengadakan acara adat dengan Oan Natar Hat – Oan Laluan Hat untuk meminta restu para raja. Untuk diketahui, Oan Natar Hat – Oan Laluan Hat merupakan serumpun ke-naian yang terdiri dari Kerajaan Mandeu, Kerajaan Naitimu, Kerajaan Jenilu, Kerajaan Lidak dan Kerajaan Silawan.

Usai melakukan acara adat, dr. Agus Taolin dan Aloysius Hale Serens pun melajukan pertemuan bersama para Nai dari Oan Natar Hat – Oan Laluan Hat.

Nai Mandeu, Thedorus Seran Tefa selaku Mane Kwaik (Kaka tertua) dari Oan Natar Hat – Oan Laluan Hat usai pertemuan tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya atas ziarah yang dilakukan oleh dr. Agus Taolin dan Aloyaius Hale Serens ke makam orang tuanya. Dikatakan, tujuan ziarah yang dilakukan bakal calon Bupati dan wakil bupati Belu dari Paket Sehati menuju perubahan itu bertujuan untuk meminta dukungan dari leluhur dan juga masyarakat Oan Natar Hat – Oan Laluan Hat.

“Hari ini, saya atas nama masyarakat Mandeu dan seluruh komponen masyarakat Natar Hat menyampaikan terima kasih kepada dr. Agus Taolin dan Drs. Alo Haleserens yang melakukan ziarah ke Makam orang tua saya sekaligus datang untuk meminta restu dari leluhur terkait dengan tujuan untuk dukungan dalam Pilkada Belu tahun ini,” ujarnya. (Ronny).

Facebook Comments