KPU Belu Meminta Maaf dan Penuhi Tuntutan Paket Sahabat

KPU Belu Meminta Maaf dan Penuhi Tuntutan Paket Sahabat/theeast.co.id

KPU Belu Meminta Maaf dan Penuhi Tuntutan Paket Sahabat/theeast.co.id

KPU BELU. Ketua KPU Belu Mikhael Nahak didampingi 4 komisioner KPU Belu lainnya Joni Arianto Neolaka, Herlince Emiliana Asa, Yohanes Epen Atapala dan Yakobus Fahik Nahak dalam jumpa pers, Kamis (24/09/2020). Foto : Rony.

ATAMBUA, The East Indonesia – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu menyampaikan permohonan maaf dan akan memenuhi permintaan tuntutan dari paket Sahabat, Willybrodus Lay dan Drs JT Ose Luan.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Belu Mikhael Nahak didampingi 4 komisioner KPU Belu lainnya Joni Arianto Neolaka, Herlince Emiliana Asa, Yohanes Epen Atapala dan Yakobus Fahik Nahak dalam jumpa pers, Kamis (24/09/2020).

Mikhael Nahak selaku Ketua KPU Kabupaten Belu menyatakan bahwa pihaknya menerima koreksi atas ketidaktelitian dalam memberikan pengumuman tentang penetapan calon pada (23/09) yang mana telah ditetapkannya 2 pasangan calon yang memenuhi syarat yaitu paket Sehati dan Paket Sahabat.

“Saya selaku ketua atas nama lembaga kami menyatakan kami menerima koreksi bahwa kami tidak teliti dalam melakukan pengumuman terkait penetapan calon. Ternyata dalam pengumuman untuk kami tayangkan di website kami, ada kekeliruan,” pungkasnya.

Dijelaskan ketidaktelitian tersebut yaitu terkait pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atas nama Willybrodus Lay dari paket Sahabat dan seharusnya yang tertulis sesuai dengan SK penetapan dan berita acara tertanggal 23 September 2020 adalah Paket Sahabat itu atas nama Willybrodus Lay SH dan Drs JT Ose Luan.

Hanya saja kekhilafan pihaknya adalah nama Wakil Bupati yang dipublikasikan tersebut menyebutkan Drs Aloysius Haleserens secara berulang.

“Aloysius Haleserens seharusnya menjadi Wakil Bupati di Paket Sehati tetapi terbaca lagi di Paket Sahabat. Atas kekeliruan itu kami mohon secara terbuka kami menyampaikan permohonan maaf kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atas nama Willybrodus Lay dan Drs JT Ose Luan dari paket sahabat yang mana kami sudah melakukan ralat setelah kami melihat ternyata kami keliru,” ujar Mikhael Nahak.

Ketua KPU Belu ini juga menerangkan bahwa pihaknya sudah menghapus postingan tersebut dan siap menyampaikan permohonan secara terbuka melalui media-media yang ada.

“Kami sudah menghapus postingan itu dan setelah ini juga kami akan menyampaikan permohonan maaf secara terbuka melalui media-media yang ada. Sekali lagi atas nama lembaga kami menyampaikan permohonan maaf itu. Kiranya ke depan apa yang kami alami menjadi suatu pelajaran berharga untuk menyampaikan informasi keluar dapat melihat pengelolaan yang lebih baik dan lebih teliti,” tandas Mikhael.

Untuk diketahui sebelumnya diberitakan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu dari Paket Sahabat, Willybrodus Lay dan Drs JT Ose Luan menuntut pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu melakukan permohonan maaf secara terbuka di media massa baik itu media cetak maupun media sosial selama tiga kali secara berturut-turut.

Permintaan ini lantaran pihak KPU Belu telah mengeluarkan surat penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2012 tanggal 23 September 2020 namun terdapat kesalahan nama calon Wakil Bupati Belu dari Paket Sahabat.

Dalam pengumuman nomor 223/PL.02.2Pu/5304/KPU-Kab/IX/2020 terdapat kesalahan penulisan nama calon wakil bupati Belu untuk Paket Sahabat yang mana pengumuman tertulis calon wakil bupati Aloysius Haleserens dan seharusnya J.T Ose Luan.

Surat tersebut juga bisa diakses melalui web KPU Belu : https://drive.google.com/file/d/10VjnahDCz3Z6g-tKh1ggrjPsxyhZJXl3/view

Adapun bunyi point-point surat Penetapan KPU, diantaranya;

1.KPU Kabupaten Belu telah menetapkan bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020 Sebagai Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu atas nama.dr Taolin Agustinus sebagai Calon Bupati dan Drs.Aloysius Haleserens,MM sebagai Calon wakil Bupati dengan Tagline “Sehati”

2.KPU Kabupaten Belu telah menetapkan bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati atas nama Willybrodus Lay, SH Sebagai calon Bupati dan Drs. Aloysius Haleseren,MM sebagai Calon wakil Bupati dengan tagline “Sahabat”diumumkan pada laman KPU Kabupaten Belu.

Atas kesalahan tersebutlah maka pihak dari Paket Sahabat menuntut pihak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belu melakukan permohonan maaf melalui media massa.

Hal ini disampaikan calon Bupati Belu dari Paket Sahabat, Willybrodus Lay di Aula Hotel Matahari Atambua, Kamis (24/09/2020).

Diterangkan bahwa sebagai manusia pihak dari Paket Sahabat sudah memberikan maaf kepada pihak KPU Belu atas kesalahan tersebut.

Karena ini bukan kesalahan pertama, yang mana pada saat pendaftaran pasangan calon pihak KPU Belu juga salah menyapa Paket Sahabat dengan sebutan paket Sehati namun langsung dimaafkan maka kali ini disertai tuntutan.

“Saya dan pak Ose Luan secara manusia kami memaklumi dan memaafkan. Permintaan dari kami, KPU harus secara terbuka menyampaikan permohonan maaf baik melalui media cetak maupun media sosial. Saya minta selama 3 kali berturut- turut setiap dua hari satu kali,” ujar Willy Lay. (Ronny)

Facebook Comments