Tangani Covid-19, Pemda Belu Segera Lakukan Recofusing dan Realokasi APBD Hingga 50 Miliar

67
FOKUS. Tangani Covid-19, Pemda Belu Segera Lakukan Recofusing dan Realokasi APBD Hingga 50 Miliar. Foto : Tim

ATAMBUA, The East Indonesia – Meski dalam beberapa minggu belakangan perkembangan covid-19 di Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL sudah menunjukkan penurunan kasus positif dan juga penurunan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19, Pemda Belu tetap akan melakukan recofusing dan realokasi APBD Belu Tahun Anggaran 2021.

Kebijakan yang dilakukan sebagai dukungan terhadap penanganan pandemi Covid-19, bencana alam dan dana sosial di Kabupaten Belu tersebut akan mencapai hingga 50 Miliar Rupiah.

Hal ini sebagaimana sesuai arahan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat bahwa setiap Kabupaten/kota harus menyiapkan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 sebesar 50 Miliar Rupiah.

Baca juga :  Gubernur Koster Ingin Tingkatkan Kerjasama Bali dengan Jepang

“Pemerintah Kabupaten Belu telah menyiapkan dana BTT sebesar 22 miliar lebih. Sesuai dengan surat arahan dari bapak Gubernur kita akan melakukan recofusing sampai minimal 50 miliar rupiah untuk covid, dana sosial dan bencana lainnya,” pungkas Penjabat Bupati Belu, Drs. Zakarias Moruk, MM saat dikonfirmasi awak media ini, Jumat (16/04/2021).

Diterangkan bahwa saat ini pihaknya masih sementara melakukan recofusing dan realokasi kegiatan-kegiatan yang dianggap dapat ditunda pada tahun berikutnya.

Karena itu, Penjabat Bupati Belu ini berharap agar dalam minggu ini pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Belu sudah dapat menyerahkan penjabaran APBD tentang recofusing dan realokasi anggaran tahun 2021.

Baca juga :  Pemerintah Provinsi Bali Kuatkan Skema KPBU dalam Pelayanan Air Minum Bali Selatan Ayung 1 Sarbagita

“Saat ini kita lagi recofusing dan realokasi kegiatan-kegiatan yang kami anggap bisa tunda pelaksanaanya di tahun depan. Sehingga saya berharap teman-teman di keuangan minggu ini, sudah harus tanda tangan penjabaran APBD tentang recofusing dan realokasi Anggaran Tahun 2021,” tandas Zaka Moruk. (Ronny)

Facebook Comments