Meski Ditimpa Bencana, UAS di Malaka Berjalan Lancar

28
Suasana Ujian AKhir Sekolah di salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Malaka. FOTO - IST.

MALAKA, The East Indonesia – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka, Yohanes Klau, S.IP, MM memantau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah tingkat Sekolah Dasar untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut. Pantauan itu berlangsung di 2 sekolah yakni SDK Wederok, Kecamatan Weliman dan SDI Betun Kota, Kecamatan Malaka Tengah, Rabu (12/5/2021). UAS berlangsung aman dan lancar meski sejumlah daerah di Malaka diterpa banjir bandang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (PKPO) Kabupaten Malaka, Yohanes Klau, S.IP, MM. FOTO – IST.

“Pada hari terakhir pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah saya mau pastikan apakah pelaksanaan ujian ini berjalan dengan baik dan lancar atau ada kendala yang dihadapi, sehingga saya bersama staf langsung datang ke sekolah,” ujar Plt. Kadis PKPO kepada wartawan di sela-sela kunjungan dan pantauan tersebut.

Yohanes Klau mengungkapkan, dalam pemantauan itu, dirinya berkesempatan datang ke sekolah yang langsung terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Bali Jadi Satu-Satunya Provinsi di Indonesia yang Menyalurkan Bansos untuk Siswa dari SD Hingga SMA

“Setelah saya melihat langsung memang kondisi sekolah masih sangat terbatas dan keadaan lingkungan sekolah belum seluruhnya kondusif, akan tetapi dapat dipastikan para siswa dapat mengikuti ujian dengan baik dan nyaman,” ungkapnya datar.

Selain melihat langsung kondisi lingkungan sekolah dan ujian akhir para siswa, Plt. Kadis PKPO juga bertatap muka dengan para guru untuk mendapat masukan tentang kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi covid-19 ini.

“Saya juga bertemu langsung dengan para guru dan pendidik untuk mendengar langsung apa yang dilakukan selama 1 tahun belakangan di masa pandemi covid-19 dengan pembelajaran sistem daring. Yang pastinya ada kendala terkait fasilitas dan sarana. Akan tetapi saya tetap beri semangat untuk terus bekerja karena masa depan generasi bangsa ini ada di tangan para guru,” terangnya.

Benyamin Klau, Kepala Sekolah SDI Wederok pada kesempatan yang sama di hadapan Plt. Kadis PKPO mengatakan secara umum kegiatan ujian akhir berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga :  SEAQIL Gelar Pelatihan Daring Peningkatan Kompetensi Guru di Asia Tenggara⁣

“Kondisi lingkungan sekolah kami tidak sepenuhnya nyaman karena terdampak langsung bencana banjir. Akan tetapi adanya kerja sama yang kondusif antara guru, murid, orang tua dan komite kegiatan ujian berjalan dengan baik sejak hari pertama hingga hari terakhir,” katanya.

Hal senada diungkapkan juga oleh Maria Goreti Hoar Seran, Kepala SDI Betun Kota. Kepada Plt. Kadis PKPO dirinya mengemukakan suasana ujian di hari terakhir ini tetap berjalan baik dan aman.

“Anak-anak mengikuti ujian dengan baik tanpa ada kendala. Para guru dan pengawas ujian pun memberikan petunjuk dan arahan yang tepat bagi siswa sehingga kegiatan ujian berlangsung secara baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, peserta ujian di SDK Wederok sebanyak 32 siswa dengan rincian 12 orang siswi perempuan dan 20 siswa laki-laki. Sementara di SDI Betun Kota sebanyak 43 siswa terdiri dari 24 siswi perempuan dan 19 orang siswa laki-laki. Kelulusan para siswa dikembalikan dan ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan.

Baca juga :  Mahasiswa Prodi Pascasarjana S-2 Asro STTAL Kuliah Jarak Jauh Secara Daring Online

Untuk Kabupaten Malaka, terdapat 208 Sekolah Dasar yang mengikuti Ujian Akhir Sekolah dengan peserta sebanyak 4011 siswa. Laki-laki sebanyak 2152 siswa dan perempuan sebanyak 1861 siswa. Bidang Studi yang diuji yakni Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA dan IPS.

Pantauan di 2 sekolah itu, Plt. Kadis PKPO berkeliling dari ruang ke ruang. Kehadirannya didampingi Kabid Pendidikan Dasar Dinas PKPO Patris Bria, Kasie Kelembagaan Bidang Dikdas pada Dinas PKPO dan Kasie PIKP Diskominfo Malaka Herry Klau, S.Ag, M.Si. ***

Sumber – Kominfo Malaka|Editor – Igo Kleden

Facebook Comments