Sambut Penerbangan Mancanegara, Ngurah Rai Siapkan Ruangan PCR Khusus dan Holding Area

17
FOTO : Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.(Tim)

DENPASAR, The East Indonesia – Bandara Internasional Ngurah Rai Bali saat ini sudah menyiapkan secara khusus pembukaan penerbangan langsung dari berbagai negara di dunia sebagaimana yang sudah diumumkan oleh pemerintah pusat. Humas PT Angkasa Pura Ngurah Rai Taufan Yudistira mengatakan, sekalipun sudah diumumkan oleh pusat soal pembukaan penerbangan langsung ke Bandara Ngurah Rai, namun hingga saat ini Bandara Ngurah Rai Bali tidak serta Merta langsung membukanya.

“Pembukaan penerbangan internasional sudah diumumkan oleh Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan dan sudah dishare kemana-mana. Banyak media juga memberitakan secara masif. Kami pastikan bahwa kami di Ngurah Rai tidak serta merta langsung membuka penerbangan internasional karena masih ada banyak hal yang harus dilengkapi, bukan dari sisi fasilitas, sarana prasarana tetapi dari sisi regulasi,” ujarnya di Denpasar, Rabu (6/10/2021).

Baca juga :  Mau Wisata ke Magelang? Download Saja Aplikasi "Pesona Magelang" di Playstore

Menurutnya, untuk menerima penerbangan langsung tersebut maka ada banyak regulasi yang harus segera diselesaikan secepat mungkin. “Saat ini kami di Ngurah Rai menunggu regulasi dari banyak pihak. Mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Parekraf, Kementerian Hukum dan HAM, Kemenlu, karena ada beberapa hal yang butuh kejelasan dari semua instansi terkait,” ujarnya.

Saat diumumkan, tanggal 14 Oktober 2021 direncanakan untuk dibuka. Waktunya tinggal kurang lebih sepekan lagi. Diharapkan dalam waktu yang tersisa ini sinergitas lintas instansi sangat dibutuhkan. Regulasi dengan tatanan kehidupan yang baru saat ini sangat dibutuhkan dalam menerima penerbangan internasional dari beberapa negara yang direkomendasikan. Tanpa itu Ngurah Rai tidak bisa dibuka. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bersama bukan hanya di Bali tetapi Indonesia secara umum.

Baca juga :  Pasca Raja Salman, Kunjungan Wisman Timteng Melonjak di Bali

Ia menjamin jika dari sisi infrastuktur semuanya sudah siap. “Kalau dari sisi fasilitas untuk tatanan kehidupan baru, kami di Bandara Ngurah Rai saat ini dalam kondisi siap. Artinya, fasilitas dan utilitasnya sudah sangat siap, tinggal menunggu regulasi,” ujarnya.

Ia memastikan seluruh protokol kesehatan akan diterapkan dengan fasilitas yang ada. Untuk hal ini butuh dari Kemenkes dan Bandara Ngurah Rai akan menyesuaikan dengan regulasi dari Kemenkes. Tempat PCR khusus juga sudah disiapkan saat ini. Begitu wisatawan turun maka mereka wajib ditest PCR. Kemudian holding area tempat menunggu hasil PCR juga sudah diatur. Hotel karantina di Bandara Ngurah Rai juga sudah disiapkan. Protap bagi penumpang yang sakit atau kondisi badan panas, evakuasi, sudah ada skemanya. “Intinya kami sudah sangat siap. Jadi tunggu saja regulasi dan arahan selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga :  Pembangunan Pariwisata Bali Harus Dipetakan Berdasarkan Potensi Lokal

Editor|Axelle Dhae

Facebook Comments