Kemenhan RI Beri Penghargaan dan Pin Bela kepada Belasan Ribu Pejuang Timor-Timur

22
Direktur Jendral Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha menyematkan PIN penghargaan kepada para pejuang eks Timor Timur di Stadion Haliwen Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL, Kamis (4/11/2021). FOTO - IST.

ATAMBUA, The East Indonesia – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) memberikan penghargaan dan pin bela Negara kepada 11.845 pejuang Timor-Timur.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Jendral Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha yang dilaksanakan di Stadion Haliwen Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL, Kamis (04/11/2021).

Pemberian penghargaan berupa piagam dan pin bela negara di Stadion Haliwen ini diberikan kepada 6.500 Pejuang Eks Timor-Timur yang mana merupakan kali terakhir setelah sebelumnya diberikan kepada 5.345 Pejuang Eks Timor-Timur di Kabupaten atau Kota Kupang, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan.

Acara ini diawali dengan upacara yangdihadiri ribuan patriot bela negara yang dirangkai dengan penyerahan penghargaan dan penyematan pin patriot oleh Dirjen Pothan Kemenhan, Sekda Provinsi NTT dan Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH.,FINASIM kepada 23 perwakilan penerima.

Baca juga :  Lagi 84 Personil Kodam IX/Udayana Disiapkan ke Papua

Turut hadir, Staf Khusus Menhan Bidang Politik, Mayjend TNI Nugroho, Direktur Bela Negara Brigjen Jubie Lebianto, Dekan Vokasi Polteknik Unhan RI, Brigjen Agus Winarna, Sekda NTT, Benediktus Polo Maing, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Ketua Umum FKPTT, Eurico Guterres, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto dalam amanatnya yang dibacakan Direktur Jenderal (Dirjen) Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha mengatakan pemberian penghargaan berupa piagam dan pin patriot bela negara kepada Pejuang Eks Timor-Timur adalah bentuk komitmen dan perhatian pemerintah atas pengorbanan dan kesetiaan kepada NKRI.

“Setiap WNI yang membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI sudah selayaknya saudara-saudara berhak menerima penghargaan. Oleh karena itu Kementerian Pertahanan memberikan sebuah penghargaan berupa piagam dan pin patriot bela negara. Ini merupakan bentuk komitmen dan perhatian pemerintah atas pengorbanan dan kesetiaan saudara-saudara kepada NKRI,” kata Prabowo.

Baca juga :  Bacaleg Mantan Napi Koruptor Memilih Menunggu Keputusan MA

Pemberian piagam dan pin patriot bela negara ini jelas Prabowo merupakan salah satu wujud penghargaan negara kepada WNI yang berjasa dalam usaha menegakan kedaulatan negara, mempertahanakan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkembangkan semangat bela negara bagi kita semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prabowo mengingatkan bahwa, tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, bukan hanya tugas petinggi negara, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban semua pihak sebagai WNI.

“Untuk itu saya mengajak kita semua untuk menjalankan tugas dan kewajiban kebangsaan kita serta bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing,” pesan Prabowo.

Baca juga :  Pgs Kasdim Blitar : Pedomani Netralitas TNI Dalam Apel Siaga Gabungan Pileg Dan Pilpres 2019

Kesempatan itu, Prabowo mengucapkan selamat kepada para Pejuang Eks Timor-Timur sebagai kader bela negara Provinsi NTT yang menerima penghargaan pada hari ini.

“Saudara-saudara adalah WNI yang telah berjuang mempertahankan Timor-Timur dari tahun 1975 sampai dengan pasca jajak pendapat pada tahun 1999. Kesetiaan saudara-saudara kepada NKRI diwujudkan dengan memilih untuk tetap menjadi WNI pasca referendum pada tahun 1999 yang membuat Provinsi Timor-Timur lepas dari Indonesia menjadi negara Timor Leste,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelum dan setelah diberikan piagam dan pin bela negara juga digelar sosialisasi pembinaan kesadaraan bela negara kepada para Pejuang Eks Timor-Timur.***

Penulis – Ronny|Editor – Christ

Facebook Comments