Dubes Timor Leste Untuk Indonesia Kunjungi Kabupaten Belu

41
FOTO : Duta Besar (Dubes) Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Negara Republik Indonesia, H. E. Filomeno Aleixo Da Cruz mengunjungi Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL, Selasa (30/11/2021).(tim)

ATAMBUA, The East Indonesia – Duta Besar (Dubes) Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Negara Republik Indonesia, H. E. Filomeno Aleixo Da Cruz mengunjungi Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL, Selasa (30/11/2021).

Kedatangan Dubes RDTL dan rombongan itu disambut Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD bersama Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M. Si di Kantor Bupati Belu.

Dubes didampingi Counsellor Kedubes Timor Leste Jakarta, Agostinho Simao Bareto, Consulat RI-RDTL di Kupang, Jesuino Dos Reis de Matos, Agen Konsul RDTL di Atambua, Joao Simao De Sousa kemudian melakukan diskusi di ruang kerja Bupati Belu.

Tujuan kedatangan Dubes Timor Leste ini untuk bersilaturahmi dengan Bupati Belu sekaligus membahas sejumlah hal yang berkaitan dengan hubungan sosial, budaya dan pertahanan keamanan (sosbudhankam) kedua negara, khususnya dengan Kabupaten Belu.

Baca juga :  Babinsa Bersinergi dengan Petani Tinjau Perkembangan Pertumbuhan Tanaman Padi

Bupati Belu, dr. Agus Taolin usai pertemuan menyampaikan terimakasih atas kunjungan Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia ke Kabupaten Belu dan ini merupakan suatu kehormatan serta awal yang baik untuk hubungan ke depan karena Kabupaten Belu adalah beranda terdepan NKRI.

FOTO : Duta Besar (Dubes) Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) untuk Negara Republik Indonesia, H. E. Filomeno Aleixo Da Cruz mengunjungi Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL, Selasa (30/11/2021).(tim)

“Atas nama seluruh masyarakat Belu menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang luar biasa dari Duta Besar. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dan sebagai awal untuk bekerjasama ke depannya karena kita adalah pintu terdepan dari Negara Republik Indonesia yang berhubungan langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste,” ungkap dr. Agus
Taolin.

Lanjut Bupati Belu, pembicaraan yang dilakukan membahas beberapa hal yakni terkait budaya kedua daerah yang memiliki hubungan kekeluargaan dan juga meliputi hal-hal srategis yang bisa dikembangkan di kedua wilayah.

Hal lainnya yang dibicarakan yakni terkait pelayanan kesehatan di daerah batas terutama di era pandemi covid-19 saat ini dan juga membahas hubungan ekonomi terkait lintas batas dan pasar-pasar tradisional.

Baca juga :  Sinergi Untuk Negeri Kodim Klungkung Gelar Donor Darah

“Kedepan setelah pandemi berlalu, kita akan saling mengunjungi dengan melakukan kegiatan bersama untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi, meningkatkan kerjasama dibidang ekonomi dan lain-lain sehingga apa yang kita harapkan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua daerah ini bisa terwujud,” ujar Bupati Agus Taolin.

Bupati Belu berharap dengan kunjungan ini, kedepannya terjalin komunikasi dan keakraban hubungan yang lebih baik untuk kemajuan masyarakat di kedua negara khususnya di Belu dan daerah perbatasan.

Sementara itu, Dubes Timor Leste untuk Indonesia, H. E. Filomeno Aleixo Da Cruz dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Belu bersama Sekda Belu dan jajaran yang telah menerima kunjungannya beserta rombongan ke Kabupaten Belu.

Baca juga :  Rangkul Anak-Anak Di Tapal Batas, Inilah Yang Dilakukan TNI Dalam Mengisi Waktu Luang

Dijelaskan bahwa sebagai Dubes baru, dirinya baru diterima Pak Presiden pada tanggal 25 Oktober 2021 dan selanjutnya melakukan pertemuan pertemuan baik bersama Menteri Luar Negeri, Gubernur NTT, dan kemarin bertemu Bupati Timor Tengah Utara.

“Ini baru pertemuan pertama, akan disusul dengan pertemuan-pertemuan lainnya,” tuturnya.

Disampaikan juga bahwa berdasarkan hubungan keakraban yang sudah terjalin sejak lama perlu membangun sinergi-sinergi guna memajukan masyarakat di kedua wilayah.

“Saya kutip apa yang disampaikan pak Gubernur bahwa Pulau Timor ini beruntung, satu pulau terdapat dua negara, dan ini yang harus dikelola untuk membangun sinergi-sinergi yang memajukan masyarakat kita bersama karena hubungan kekerabatan yang sudah terjalin sejak ratusan tahun,” pinta Dubes Timor Leste untuk Indonesia.

Penulis – Rony|Editor – Christovao

Facebook Comments