Bertepatan Hari Ibu, TP PKK Belu Launching Program Belu Berbunga

142
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Dra. Freny Indriani Yanuarika saat acara grand launching Program Belu Berbunga. FOTO - IST.

ATAMBUA, The East Indonesia – Bertepatan dengan Hari Ibu di Indonesia yang dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Dra. Freny Indriani Yanuarika dan Rinawati BR Perangin Angin, SE.,MM melakukan grand launching program Belu Berbunga, Rabu sore (22/12/2021).

Kegiatan grand launching ini dilakukan di halaman Biara SVD Nenuk, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL.

Hadir dalam grand launching program Belu Berbunga ini, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH., FINASIM; Wakil Bupati, Drs. Aloysius Haleserens, MM; Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Dra. Freny Indriani Yanuarika; Wakil Ketua TP-PKK Belu, Rinawati BR Perangin Angin, SE.,MM; Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Belu, Yasinta Rinjani Bria, A.Pi, Msi; Direktur RSUD Mgr Gabriel Manek SVD Atambua, Drg Ansila Mutty serta Ketua dan anggota komunitas-komunitas wanita di Kabupaten Belu.

Pada grand Launching Program Belu Berbunga ditandai dengan penanaman bunga bugenvil mulai dari Tugu Selamat Datang Kota Atambua sampai depan Emaus Nenuk oleh Bupati dan Wakil Bupati bersama Ketua dan Wakil Ketua TP PKK serta seluruh undangan yang hadir.

Baca juga :  Rayakan Hari Jadi, Kelompok Perupa Galang Kangin Gelar Pameran dan Peluncuran Buku

Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Dra. Freny Indriani Yanuarika dalam sambutannya menyampaikan bahwa bertepatan dengan peringatan hari Ibu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu bersama para ibu-ibu ingin memberikan hadiah terindah bagi ibu pertiwi, Bumi Belu tercinta melalui program Belu Berbunga.

“Biarlah tanah ini ditumbuhi bunga. Biarlah tanah ini dipenuhi dengan warna-warni bunga agar kita yang mendiami tanah ini senantiasa dipenuhi kegembiraan, dan kedamaian,” tuturnya.

Dikatakan bahwa Program Belu Berbunga merupakan salah satu Program inovasi dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu di masa kepemimpinan Bupati Belu, Pak dokter Agus Taolin dan Wakil Bupati Belu, Pak Alo Haleserens,

Istri dari Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, SpPD-KGEH, FINASIM ini menjelaskan bahwa hal yang mendasari tercetusnya program ini adalah untuk menjadikan Kabupaten Belu khususnya Kota Atambua menjadi kota yang Bersih, Indah dan Nyaman sesuai dengan slogan dari Bupati Belu terdahulu, Ignatius Sumantri era tahun 1988 sampai 1993 yaitu “Atambua Kota Beriman” yang artinya bersih, indah, nyaman.

“Program Belu berbunga ini adalah program kami dimana kami tahu bahwa Belu ini pernah punya slogan pada masa pemerintahan dulu almarhum ayah saya periode 88-93, slogannya adalah Atambua kota beriman. Bersih, indah dan nyaman. Berdasarkan slogan itu kita juga berpikir bahwa selain bersih, indah dan nyaman, kami juga ingin melihat Belu ini cantik dan indah dengan dipenuhi tanaman-tanaman yang segar. Maka tercetuslah program kami, Belu Berbunga,” ujar wanita yang akrab disapa Bunda Freny.

Baca juga :  Pameran Wayang Sukses Dilaksanakan di Belanda

Ketua TP PKK Kabupaten Belu juga menjelaskan mengapa harus program Belu Berbunga karena bunga adalah anugerah bagi bumi ini.

“Setiap bunga adalah jiwa yang mekar di alam. Bunga melukis warna-warna kontras di sepanjang tanah dan membawa kegembiraan bagi banyak orang. Itulah sebabnya mengapa bunga dipandang sebagai hadiah penuh kasih untuk orang orang istimewa dalam hidup kita pada moment-moment istimewa dalam hidup,” terangnya.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu menargetkan program Belu Berbunga ini akan dilakukan penataan taman, pekarangan rumah, perkantoran, sekolah, tempat ibadah, pertokoan serta taman kota, median jalan dua jalur dan pedestrian.

Ketua TP PKK juga mengutarakan bahwa untuk menciptakan kota yang Beriman tentu merupakan cita-cita semua, oleh karena itu dibutuhkan kerja keras, kolaborasi dan
sinergitas seluruh komponen baik pemerintah, BUMN/BUMD, organisasi kemasyarakatan, organisasi Wanita, Komunitas dan seluruh masyarakat Kabupaten Belu.

Baca juga :  Festival Teluk Gilimanuk Kembali Digelar

“Kami juga memohon dukungan dari Pemerintah, Gereja, BUMN/BUMD, Organisasi Wanita, Komunitas, dan seluruh elemen masyarakat agar cita-cita kita untuk menjadikan Belu sebagai Kabupaten yang Bersih, Indah, Nyaman dan Cantik bisa terwujud,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Belu.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Belu menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu dan seluruh pihak yang sudah mendukung dalam setiap rencana program Belu Berbunga.

“Mari kita bergandengan tangan, bersinergi dan bekerja sama untuk mewujudkan Belu yang lebih baik Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif,” ujar Bunda Freny.

Lanjutnya, “sekali lagi, selamat Hari lbu bagi para lbu di Kabupaten Belu, Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. Mari kita wujudkan Belu-ku yang bersih, Belu-ku yang indah, Belu- ku yang nyaman, Belu-ku yang cantik,” pungkasnya. ***

Penulis – Ronny|Editor – Chris

Facebook Comments

About Post Author