Gelar Munas di Bali, ISKA Indonesia Usung Tema Menjunjung Martabat Kemanusiaan dan Kesetaraan

25
Pengurus Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Indonesia usai audiensi Uskup Denpasar Mgr. DR. Silvester San, Pr. Foto : Ist

DENPASAR, The East Indonesia – Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Indonesia akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Inna Heritage Hotel Jl. Veteran No. 3 Denpasar, Kamis (26/5/2022). Munas ISKA akan digelar selama 3 hari hingga 29 Mei 2022. Ketua Presidium ISKA Indonesia V. Hargo Mandirahardjo mengatakan, Munas ISKA Indonesia sempat tertunda setahun karena pandemi COVID19 serta berbagai pembatasan untuk mencegah meluasnya virus Corona. “Setelah ada berbagai kebijakan mengenai Protokol Kesehatan Covid19, Munas ISKA Indonesia baru bisa terselenggara tahun ini. Munas akan dimulai dengan misa syukur yang dipimpin oleh Konselebran Utama Uskup Denpasar Mgr. DR. Silvester San, Pr dan turut mendampingi Uskup Denpasar yakni Pastor Moderator ISKA, DR. Antonius Widyarsono SJ, Sekretaris Eksekutif Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (Kerawam KWI) Pastor Hans Jeharut,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (25/6/2022).

Seusai misa, Munas dilanjutkan dengan acara protokoler kenegaraan dengan dihadiri Presiden RI atau yang mewakili, Gubernur Bali, pimpinan ormas cendekiawan pusat dan Bali, serta para peserta Munas dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Sambutan dan arahan akan diberikan secara daring maupun rekaman oleh Prof Dr. Mgr. Kardinal Ignatius Suharyo, Pr, selaku Ketua KWI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Jenderal (Purn) Dr. Moeldoko, Ketua Dewan Kehormatan ISKA Ignatius Jonan. Pada 27 Mei, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Dr. Andi Wijayanto akan memberikan orasi ilmiah.

Baca juga :  Polres Buleleng Turunkan Amoured Water Connan Di Desa Tembok

Menurut Hargo Mandirahardjo, momentum Munas 2022, amat penting bagi ISKA untuk menegaskan kehadirannya sebagai anak bangsa. “Dalam dua tahun lebih masa pandemi, ISKA tidak pernah berdiam diri. Kami terus bergerak bersama berbagai komunitas elemen bangsa memberi kontribusi dalam meringankan beban mereka yang terpapar pandemi COVID19. Kemudian, dengan memanfaatkan teknologi komunikasi modern, ISKA terus berkarya melalui seminar-seminar pencerahan dan menerbitkan buku-buku yang menginspirasi, agar kita tak berhenti mencintai dan membangun tanah air Indonesia,” Hargo menambahkan.

Sekretaris Jendral ISKA, Joanes Joko, menyatakan, sampai saat ini telah 14 Dewan Pmpinan Daerah (DPD) serta 64 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang memastikan hadir. Jumlah ini akan terus bertambah menjelang hari H. Munas akan dibuka dan dimulai pada Kamis, 26 Mei 2022, pukul 16.00 WITA.

Baca juga :  TNI AL Bersama Potensi SAR Evakuasi Korban 17 Kapal di Perairan Kalbar

Musyawarah Nasional ISKA merupakan pemegang kekuasaan tertinggi organisasi ISKA. Kedaulatan tertinggi sepenuhnya berada di tangan peserta, dan dilaksanakan oleh Munas. Terkait tugas dan wewenangnya, Munas dapat mempertahankan atau mengubah Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga; menetapkan Program Umum Organisasi; menilai laporan pertanggungjawaban Presidium Pusat ISKA. Dan, memilih serta menetapkan Ketua Presidium Pusat ISKA untuk masa bakti berikutnya serta menetapkan keputusan lain yang dipandang perlu

Musyawarah Nasional 2022 ISKA mengambil tema sentral : “Menjunjung Martabat Kemanusiaan dan Kesetaraan”. “Melalui tema ini, ISKA diharapkan mampu memberi semangat dan inspirasi yang mendalam bagi para Iskawan dan Iskawati, aktifis ISKA dalam pengabdiannya bagi Gereja, masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya. Direncanakan Munas akan dihadiri banyak delegasi yang mewakili pengurus pusat, pengurus daerah dan pengurus cabang ISKA dari seluruh wilayah Indonesia. Sekitar 250 orang akan terlibat dalam kegiatan ini seraya tetap mematuhi sepenuhnya protokol kesehatan COVID19.

Baca juga :  Pasar Gotong Royong Bali Berdampak bagi Ekonomi Warga

Selain mendengar masukan dan arahan, Munas ini juga akan mendiskusikan dan mengesahkan Rancangan Keputusan Munas 2022 ISKA. “Berbagai materi penting tersebut menyangkut peninjauan AD dan ART ISKA, rekomendasi Garis Besar Program ISKA Periode 2022 – 2026, serta rekomendasi Pokok-pokok Pikiran Kemasyarakatan bagi masyarakat, bangsa, negara,” ujar Ch Arie Sulistiono, Ketua Panitia Pengarah (steering committee). Arie juga menekankan seluruh Munas akan dilangsungkan dengan demokratis, terbuka, tertib aturan, dan penuh musyarawah mufakat dalam pemilihan Ketua Presidium ISKA periode 2022 – 2026. “Jika hasil Munas telah tercapai, kami akan menyampaikan berita baik tersebut dengan segera ke masyarakat luas melalui teman-teman media,” kata Arie.

Penulis|Arnold Dhae

Facebook Comments