Kembangkan Kegemaran Membaca, Puluhan Anak SD dan SMP Ikuti Lomba Bercerita dan Sinopsis

346
LOMBA PUISI - Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan Lomba Bercerita Tingkat SD dan Lomba Sinopsis Tingkat SMP se-Kabupaten Buleleng yang dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Buleleng diwakili Plt. Asisten I Setda Kabupaten Buleleng, Putu Karuna di Kantor DAPD, pada Rabu (15/3). Foto : Ist

SINGARAJA, The East Indonesia – Sebagai ajang menumbuh kembangkan dan memupuk kegemaran membaca, kemampuan bercerita serta sinopsis pada anak, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan Lomba Bercerita Tingkat SD dan Lomba Sinopsis Tingkat SMP se-Kabupaten Buleleng yang dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Buleleng diwakili Plt. Asisten I Setda Kabupaten Buleleng, Putu Karuna di Kantor DAPD, pada Rabu (15/3).

Terselenggaranya lomba ini merupakan salah satu kegiatan memperingati HUT Kota Singaraja ke-419 dengan mengambil tema “Bangkit bersama dalam menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya literasi”.

Ditemui usai pembukaan, Plt. Asisten Karuna mengatakan kegiatan ini sebagai mengupayakan masyarakat Buleleng dari usia dini lebih bisa mengenal, mencintai dan membudayakan membaca serta bercerita. “Ini merupakan jendela untuk kesuksesan mereka sendiri,” tuturnya.

Baca juga :  PT. Angkasa Pura I Gelar Pemilihan Airport Ambassador Tahun 2019

Terkait hal tersebut, Karuna berharap akan muncul SDM berbakat yang unggul dan profesional. Sehingga, pada kegiatan ini orang tua bisa mengarahkan bakat yang dimiliki anak-anaknya.

Ditempat yang sama, Kepala DAPD Kabupaten Buleleng Made Era Oktarini menyampaikan kegiatan ini sebagai satu langkah implementasi atas Undang-undang Nomer 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan yang mengisyaratkan pembudayaan gemar membaca dapat dilakukan melalui jalur keluarga, pendidikan dan masyarakat.

Lebih lanjut, Kadis Era menjelaskan bahwasannya bercerita dan penyampaian sinopsis memiliki banyak manfaat positif bagi pertumbuhan serta perkembangan anak diantaranya, meningkatkan minat membaca anak, melatih kemampuan berbahasa pada anak, mengembangkan empati dan imajinasi pada anak.

Kadis Era berharap ditahun mendatang semua anak-anak agar membaca minimal 30 menit sehari di rumah ataupun di sekolah baik dengan buku cetakan maupun online.

Baca juga :  193 Negara Akan Hadir di Forum PBB 2022 di Bali

“Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif pada peserta didik khususnya anak-anak kita tercinta di Kabupaten Buleleng,” harapnya.

Adapun lomba kali ini diselenggarakan 2 hari dari tanggal 15 sampai dengan 16 Maret 2023 yang diikuti sebanyak 54 orang yang terbagi masing-masing 27 peserta Lomba Bercerita Tingkat SD dan Lomba Sinopsis Tingkat SMP.

Masing-masing kategori ditentukan Juara I,II,III dan harapan. Kepada peserta yang berhasil meraih juara I sampai dengan III akan diberikan uang pembinaan, piala dan piagam. Sedangkan juara harapan diberikan piala dan piagam.

Dewan juri yang ditunjuk berjumlah 6 orang terdiri dari unsur budayawan, akademisi, wartawan atau praktisi yang memiliki kompetensi pada bidangnya.

Penulis|Wismaya

Facebook Comments

About Post Author