Ratusan Atlet Ikut Kejuaraan Antar Unit Ranting Perisai Diri di Belu, Benedictus Manek : Ini Ajang Persiapan Untuk Berprestasi di Event Atas

272
Wakil Bupati Belu, Aloysius Haleserens (kiri) didampingi Ketua IPSI kabupaten Belu, Benny Manek (kanan) saat acara pembukaan kejuaraan antar unit ranting Perisai Diri se-kabupaten Belu. Foto : Rony

ATAMBUA, The East Indonesia – Sebanyak 201 atlet Perisai Diri di Kabupaten Belu wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL mengikuti kejuaraan Kejuaraan Antar Unit Ranting Perisai Diri (PD) se-kabupaten Belu.

Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM pada Minggu pagi, 17 Desember 2023 di GOR Rai Belu Atambua.

Diketahui bahwa Unit Ranting yang berpartisipasi dalam ajang tahunan Perisai Diri tahun 2023 yakni Lamaknen Selatan/Laksel, SMP Turiskain/ Spentur, Memoli, Weluli, Wedomu, Naresa, Haliwen, Laley, Cartintes, Taruna, Donbosco, Central dan Haliulun.

Ketua IPSI kabupaten Belu, Benedictus Manek dalam sempat wawancara dengan awak media The East Indonesia menjelaskan bahwa kegiatan pertandingan antar unit ranting Perisai Diri Belu ini merupakan agenda tetap Kelatnas Perisai Diri cabang Belu.

Di Kabupaten Belu sendiri terdapat beberapa perguruan Pencak Silat salah satunya adalah Perisai Diri yang tergabung dalam organisasi IPSI kabupaten Belu.

Baca juga :  Prediksi Prancis vs Peru di Grup C Piala Dunia 2018

Dijelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaring atlet-atlet berprestasi pada perguruan pencak silat Perisai Diri dan mempererat tali persaudaraan diantara anggota Perisai Diri cabang Belu.

“Kejuaraan ini sudah dilakukan sejak tahun 2004 dan rutin sekali setiap tahunnya. Kegiatan kejuaraan Perisai Diri ini biasanya dilakukan untuk mencari bibit baru sebagai kaderisasi atlet silat di Kabupaten Belu sehingga ini sebagai ajang persiapan untuk menghadapi event-event yang akan datang di kancah kabupaten, provinsi dan Nasional bahkan Internasional,” tutur pria yang akrab disapa Benny Manek.

Karenanya, pria yang juga memiliki jabatan sebagai Ketua Komisi III DPRD kabupaten Belu ini mengatakan bahwa IPSI Kabupaten Belu sangat memberi apresiasi kepada cabang-cabang Pencak Silat yang terus mempersiapkan para atlet nya untuk berprestasi di event yang lebih tinggi lewat kejuaraan unit ranting seperti ini.

Baca juga :  Di Tengah Pandemi Covid-19, Prajurit Lanal Sangatta Asah Naluri Tempur dengan Latihan Menembak

“Ini sangat baik. Pengkaderan terus disiapkan. Sebagai Ketua IPSI, diharapkan untuk para atlet yang bertanding bisa menggunakan ajang ini sebagai melatih, membiasakan diri untuk mengeluarkan semua teknik yang sudah diberikan oleh pelatih masing-masing. Ketika nanti mereka menuju ke kejuaraan IPSI mereka sudah siap untuk bertanding dan mendapatkan prestasi,” pungkasnya.

Benny Manek menerangkan bahwa dalam kejuaraan ini memiliki kategori tanding yaitu
1. Kelas tanding usia Dini dengan total atlet yang bertanding 41 orang
2. Kelas tanding pra remaja 49 orang
3. Kelas tanding remaja 69 orang
4. Kelas tanding dewasa 42 orang

“Total atlet yang bertanding ada 201 orang dengan 13 unit ranting. Dalam kejuaraan ini ada kategori teknik asli, bersenjata dan tangan kosong serta versi PD/serang menghindar dengan kategori A dan kategori B,” tuturnya.

Baca juga :  Sumba Timur Juara Umum Kejurda Inkai Prestasi NTT Di Belu

Untuk diketahui dalam laporan panitia, setiap atlet yang meriah juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah berupa medali dan piagam penghargaan.

Untuk kategori juara umum 1 sampai 3 dihitung berdasarkan jumlah perolehan medali emas terbanyak.

Juara 1 umum akan mendapatkan piala bergilir dan piala tetap, medali, piagam penghargaan. Kemudian juara 2 umum mendapatkan piala tetap, medali dan piagam penghargaan. Selanjutnya juara umum 3 juga mendapatkan piala tetap, medali dan piagam penghargaan.

Kejuaraan antar unit ranting Perisai Diri kabupaten Belu tahun 2023 akan berlangsung sejak tanggal 17 sampai 20 Desember dimulai pukul 08:00 WITA. (Ronny)

Facebook Comments

About Post Author