Umeanyar Bangun Wisata Selfie Berbasis Sawah

28
Pariwisata selfi berbasis sawah yang ada di Desa Umeanyar Kecamatan Seririt. FOTO - WISMAYA

BULELENG, The East Indonesia – Dalam memulihkan pariwisata di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Buleleng terus berupaya mengenjot potensi desa yang ada di Buleleng. Salah satunya potensi pariwisata selfi berbasis sawah yang ada di Desa Umeanyar Kecamatan Seririt.

Pariwisata selfi berbasis sawah itu dibangun dengan konsep sinergritas pertanian dan pariwisata. Nantinya akan dijadikan pariwisata unggulan di Desa Umeanyar. Hal itu disampaikan langsung oleh Perbekel Desa Umeanyar Putu Edy Mulyana.

Lebih lanjut djelaskan, pengembangan pariwisata ini di samping bertujuan mempertahankan pertanian, juga membuat para petani nyaman untuk bertani tanpa terganggu serta dapat intensif dari pariwisata itu sendiri. “Ke depannya kita akan mengembangkan untuk lahan lahan lainnya yang berkolaborasi dengan petani dan subak itu sendiri,” ucapnya.

Baca juga :  Cok Ace Minta Saatnya Bali Garap Wisatawan Kaum Milenial

Lebih jauh, Edy Mulyana menyampaikan pariwisata itu dibuka pada tanggal 26 Januari 2021 dengan tiket masuk enam ribu rupiah per orang. Bagi anak berumur 12 tahun ke bawah tidak dikenakan tiket masuk.

Lanjut, Edy Mulyana mengatakan selain pariwisata alam, Desa Umeanyar juga mempunyai pariwisata religi yakni pariwisata penglukatan. Pariwisata itu bagian dari pengembangan sumber daya alam mata air. “Mata air kita ada dua titik yang nantinya akan kita kembangkan sebagai pariwisata religi,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya menjelaskan selain sektor pariwisata, Pemerintah Desa (Pemdes) Umeanyar juga mengembangkan potensi UMKM, salah satunya pembuatan dari kertas koran bekas menjadi bokor, tatakan upakara, dulang dan lain-lain. “Sampai saat ini produknya sudah dipasarkan ke luar daerah dengan orderan yang banyak,” ucap Edy Mulyana.(ADV) ***

Baca juga :  Dinas Pariwisata Badung dan GenPI akan Viralkan Pariwisata Bali

Penulis – Wismaya|Editor – Chris

Facebook Comments