Rafael, Musisi yang Berpikir Liar Melahirkan Karya Anyar dari Raff The Ambient

130
GRUP BAND. Personil Raff The Ambient. Foto : Tim

KUTA, The East Indonesia – Satu lagi musisi Bali, Rafael. Musisi yang menjadi anggota group Raff The Ambient ini dijuluki sebagai pria yang berpikir liar ini akhir melahirkan karya anyarnya yang sangat kontekstual di era kekinian atau di tengah dunia yang sedang dilanda pandemi Covid19. Pemikirannya yang liar ini akhirnya mematangkan pijakannya di skena musik Bali dan Indonesia melalui Raff The Ambient. Lagu bertajuk Covid One Nine itu dirilis resmi ke awak media di Bali pada Selasa (27/4/2021) di DP Music Studio Bali jalan Dewi Sri, Kuta Badung.

Lagu ini ditulis langsung oleh Rafael selaku vokalis. Kemudian racikan musik yang kental dengan nuansa ambience, electronik dan sedikit sentuhan rock dibuat bersama oleh personel lainnya. Penggunaan sound electronic yang unik, dari alunan synth, bass, dan keyboard membuat alunan musik dalam lagu ini jadi easy listening.

Baca juga :  Tetap Produktif, Fun The Me Project Rilis Single "Luh Karoni Covida Devi"

Kepada awak media, Rafael (vokal) mengatakan lirik lagu ini menceritakan kondisi dunia menghadapi wabah covid-19. “Lagu ini menggambarkan situasi kita saat ini. Bagaimana kita bertarung menghadapi wabah yang melanda dunia kita,” katanya kepada media. Ia menegaskan, lagu ini tidak bermaksud menyinggung siapa pun tetapi lebih merupakan jeritan hati seorang seniman musik dalam menanggapi dan menjawabi situasi terkini dunia. “Semua orang jenuh, sumpek, tidak bergerak kemana mana, ekonomi mati, penghasilan hilang. Ini situasi riil. Dalam kejenuhan ini saya mencoba membahasakannya melalui musik,” ujarnya.

Nuansa musik yang ringan namun mudah melekat di telinga ini berkat racikan dari Dedi Eka Budiono sebagai drummer, dan Reynard Bai sebagai guitarist, dengan arahan serta acuan dari Tony Roesman keyboardist dan Music Director. Proses rekaman dilakukan di Bali, di studio Reynard Records. Kemudian proses mixing dan mastering dilakukan oleh Reynard Bai. “Kemungkinan bulan depan kami akan membuat video liriknya terlebih dahulu. Setelahnya baru akan dibuatkan video klip dari oficial band. Karena yang ada di youtube saat ini hanya video saya pribadi,” beber Rafael.

Baca juga :  Tampil Spektakuler, Choir Polda Bali Hibur Wisatawan Asing Dan Domestik

Sejak pertengahan April 2021 lalu, lagu dengan lirik bahasa Inggris ini sudah bisa nikmati di seluruh platform musik digital yang ada. Band Raff The Ambient sendiri terbentuk dari perjalanan panjang Rafael yang awalnya menjalankan kiprah musiknya dengan format solo. Namun Rafael sendiri merasa ada sesuatu yang kurang jika hanya bermusik sendirian. Karena menurut dia, musik itu untuk dinikmati bersama. Dia lalu mengajak beberapa rekannya.

Perjalanan awal sebagai sebuah band tentunya mendapatkan banyak tantangan. Terutama visi dan misi personel yang cendrung berbeda. Hingga akhirnya di separuh jalan ada bongkar pasang personel baru.

Perlahan namun pasti, pria asal Manggarai, Flores, NTT ini akhirnya bertemu kembali dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi serta hati yang sama untuk terus berkarya. Dia lalu mengajak Dedi Eka Budiono (drummer), Tony Roesman (keyboardist, MD), dan Reynard Bai pada gitar yang kemudian mereka sepakat untuk mengusung nama Raff The Ambient sebagai sebuah band.

Baca juga :  Untuk Sang Kekasih, Alfin Persembahkan Single Ketiga "Agar Kau Bahagia"

Penulis|Axelle Dae|Editor|Christ

Facebook Comments