Pangdam Jaya Tinjau Kampung Pancasila di Kampung Sawah

26
TINJAU. Pangdam Jaya Mayjen Dudung saat Meninjau Kampung Pancasila di Kampung Sawah. Foto : Tim

BEKASI, The East Indonesia – Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachan, S.E.,M.M., meninjau kampung Pancasila di Jalan Raya Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi, Rabu (2/6/2021).

Kampung Pancasila didirikan untuk membangkitkan kembali semangat pengamalan Pancasila kepada warga masyarakat agar masyarakat mengingat kembali dan mengamalkan kembali Pancasila.

Kehidupan di Kampung Pancasila harus dapat membuktikan bahwa warganya dapat saling hormat menghormati, bisa kerja sama dan yang paling penting adalah dapat menjaga toleransi sesama umat beragama.

Sesaat Pangdam tiba di halaman Masjid Agung Al-Jauhar Yasfi, disambut oleh Bapak KH. Rahmadin Hafid Pengasuh Pondok Pesantren Fisabilillah (Yasfi), setelah berbincang-bincang dengan pengasuh pondok pesantren dilanjutkan meninjau Gereja Kristen Pasundan, kemudian dilanjutkan meninjau Gereja Katolik Santo Servatius dilanjutkan meninjau Pura di Yayasan Pendidikan Hindu Kampung Sawah.

Baca juga :  Bangkitkan Perekonomian Di Masa Pandemi Covid-19, TNI Ajak Masyarakat Kelola Lahan Pertanian

Pada kegiatan tersebut, Pangdam Jaya menyampaikan dalam sambutannya bahwa, “Program Kampung Pancasila ini diadakan pada saat Pandemi Covid-19 sudah menurun dan pada saat itu juga anak-anak generasi muda masih melaksanakan kegiatan belajar melalui online seperti di Facebook, Instagram maupun Youtube, maka nilai-nilai Pancasila ini harus diterapkan”, kata Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menuturkan, bahwa secara online seperti Film kartun, cerita pendek, teka-teki silang dan lain-lain sedangkan yang secara offline seperti gambar-gambar ditembok, tulisan-tulisan yang menggambarkan tentang Pancasila.

Ditempat yang sama Bpk Soni selaku tokoh masyarakat menyampaikan bahwa jauh-jauh sebelum didirikan kampung Pancasila, di kampung Sawah ini sebagai kota toleransi dan juga mendapat penghargaan sebagai kampung ramah lingkungan dari Pemerintah Provinsi.

Baca juga :  Dukung Pendidikan, Satgas Yonif 642 Bagikan Buku dan Alat Tulis Kepada Siswa Perbatasan RI-Malaysia

“Disamping itu Kampung Sawah ini mendapat penghargaan berkah kerja sama dari tokoh masyarakat, tokoh ulama dan juga bantuan dari aparat TNI/Polri”, kata Pak Soni.

Disamping Pangdam juga turut hadir Danrem 051/Wkt, Wakil Walikota Bekasi, para Asisten Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, Kapendam Jaya, Kapolres Metro Bekasi Kota, Bpk Soni mewakili tokoh masyarakat, Bapak Yakob tokoh Kristen Katolik, Bapak Ferry tokoh Kresten Protestan dan masyarakat sekitar kurang lebih 150 orang.

Editor|Christ|Sumber|Pendam

Facebook Comments