Diduga Melakukan Pengrusakan Rumah Tinggal Mantan Istri, Ketua DPRD Belu Segera Dipanggil BK

116
Diduga Melakukan Pengrusakan Rumah Tinggal Mantan Istri, Ketua DPRD Belu Segera Dipanggil BK/theeast.co.id
Diduga Melakukan Pengrusakan Rumah Tinggal Mantan Istri, Ketua DPRD Belu Segera Dipanggil BK/theeast.co.id

ATAMBUA, Theeast.co.id – Diduga melakukan tindakan pidana pengrusakan rumah tinggal mantan istri, Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran JR akan segera dipanggil Badan Kehormatan (BK) DPRD Belu.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua I DPRD Belu Yohanes Jefri Nahak usai melakukan rapat internal terkait dugaan kasus yang melibatkan Ketua DPRD Belu, Senin (18/05/2020).

Penyampaian yang dilakukan oleh Wakil Ketua I DPRD Belu ini berdasarkan kesepakatan bersama semua anggota DPRD Belu.

Dijelaskan bahwa karena dugaan kasus tersebut sudah berkaitan dengan lembaga DPRD Belu maka Badan Kehormatan DPRD Belu akan segera mengeluarkan surat pemanggilan kepada Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran JR untuk dimintai klarifikasinya.

“Karna sudah berkaitan dengan lembaga maka kami menyerahkan dulu kepada Badan Kehormatan DPRD Belu untuk memanggil yang bersangkutan guna dimintai klarifikasi dari pak Ketua DPRD Belu,” pungkas Pria yang akrab disapa Epy Nahak.

Wakil Ketua I DPRD Belu ini juga menerangkan bahwa usai Badan Kehormatan melakukan klarifikasi maka dirinya akan menyampaikan secara terbuka hasil dari klarifikasi BK DPRD Belu.

“Besok BK akan mengeluarkan surat panggilan kepada pak Ketua untuk diminta klarifikasi kejadian itu. Setelah BK klarifikasi maka atas nama lembaga DPRD saya pun akan menyampaikan secara terbuka,” pinta Epy Nahak.

Sebelumnya diberitakan media ini diduga Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Junior menyerang rumah orang tua dari mantan istrinya, Maria Meliana Wati Lopes pada, Jumat sore (15/05/2020).

Baca juga :  Rugikan PT. Segara, Badan Standarisasi Nasional dan Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia Digugat

Rumah ini juga merupakan rumah yang pernah ditinggal oleh Ketua DPRD Belu saat masih bersama mantan istrinya Maria Meliana Wati Lopes.

Menurut keterangan adik korban, Frido Lopes, Ketua DPRD Belu datang dengan kendaraan dinas ke rumahnya sekitar pukul 17.00 Wita dalam keadaan mabuk. Sesampai di rumah korban, Ketua DPRD Belu langsung mematikan meteran lampu rumah, lalu pergi.

Hal ini memancing amarah keluarga korban. Namun, belum sempat melampiaskan kemarahannya, pria yang akrab disapa Manek Junior itu sudah pergi. Pihak keluarga pun langsung menghubungi beberapa anggota polisi untuk datang ke rumah.

Sekitar 20 menit kemudian, Manek Junior kembali mendatangi rumah mantan istrinya dan langsung mematikan lagi meteran lampu rumah. Manek pun langsung berjalan masuk rumah. Saat itu, Wati Lopes sedang menyapu rumah. Melihat kedatangan Manek Junior, Wati pun langsung ketakutan dan memanggil adiknya, Frido. Saat itu, Frido sedang berada di samping rumah. Frido pun langsung mendatangi kakaknya dengan membawa sebuah parang.

Melihat kedatangan Frido, Manek Junior langsung berusaha untuk pulang. Frido langsung bertanya, “Lu datang saya punya rumah untuk apa? Lu kenapa kasih mati kami pun meteran lampu rumah?”

Baca juga :  Tiga Pilar Johar Baru Kompak Laksanakan Operasi Yustisi

Menurut Frido, saat itu Manek Junior mengatakan bahwa dia datang untuk mengambil motor anaknya.

Frido pun lantas langsung membantahnya, “Kalau lu (kau, red) mau ambil motor, ambil saja, kenapa (mengapa, red) harus kasih mati meteran?”

Karena mendengar ada pertengkaran, salah seorang saudara Wati mendatangi mereka dan langsung merampas parang yang dipegang Frido. Manek Junior dengan brutal memecahkan beberapa kaca rumah. Perkelahian hampir tak dapat terhindarkan, hanya saja pihak keamanan yang sudah berada di lokasi langsung berusaha meleraikan keduanya dan menyuruh Manek Junior untuk pulang.

Wati dan Frido pun segera menghubungi sanak keluarga di sekitar rumah dan melaporkan kejadian yang mereka alami. Beberapa saat berselang, rumah mereka sudah dipenuhi sanak keluarga dan tetangga terdekat.

Sekitar 20 menit berselang, Polisi dari Partai Demokrat ini kembali mendatangi rumah mantan istrinya dengan membawa sanak keluarganya ikut bersamanya. Pertengkaran mulut pun tak dapat terhindarkan. Telapak tangan Manek Junior terluka.

Manek Junior pun langsung mendatangi SPKT Polres Belu untuk melaporkan hal tersebut. Saat yang bersamaan, Wati Lopes bersama keluarga pun mendatangi Polres Belu untuk melaporkan petaka yang mereka alami.

Manek Junior kepada media ini menuturkan bahwa dirinya mendatangi rumah mantan istrinya untuk memberikan uang sebesar 10 Juta Rupiah. Akan tetapi, niat baiknya itu dibalas dengan penyerangan dari Frido.

Baca juga :  Kodim Aceh Barat Bagikan 1000 Bucket Bunga Kepada Pengendara Yang Patuhi Prokes

“Adik… saya tadi mau antar uang 10 juta, tapi saya malah diserang. Saya ditikam ini,” demikian jelas Manek Junior sembari menunjukkan telapak tangannya yang terluka.

Pihak Kepolisian pun saat itu langsung meminta Manek Junior untuk melakukan Visum di RSUD Atambua. Usai mengambil visum, Manek Junior langsung kembali ke Polres belu untuk diambil keterangan lebih lanjut.

Usai diambil keterangan, giliran Mantan Istrinya yang kembali melaporkan Ketua DPRD ke polres Belu.

Sementara itu diberitakan pula Kepolisian Resort Belu siap dan segera akan diproses laporan terkait dugaan pengrusakan rumah yang dilakukan oleh Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran JR terhadap rumah orang tua dari mantan istrinya Maria Meliana Wati Lopes.

Hal ini diungkapkan Kapolres Belu AKBP Clifry Lapian melalui Kasat Reskrim AKP Sepuh Ade Irsyam Siregar, Sabtu (16/05/2020).

“Ada laporan pengrusakan rumah. Dilaporkan, otomatis kita proses. Kita periksa saksi-saksinya,” pungkasnya.

Kasat Reskrim Polres Belu ini juga menegaskan bahwa usai melakukan pemeriksaan saksi maka perkembangan selanjutnya akan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disertakan juga siapa tersangkanya.

“Untuk selanjutnya ya nanti kita lihat perkembangan. Siapa tersangka dan bagaimana-bagaimana, kita akan sesuaikan dengan aturan,” tandas AKP Sepuh Siregar. (Ronny).

Facebook Comments