Tidak Memiliki Ijin, Lima Satwa Langka Diamankan Polisi

37

Denpasar,Theeast.co.id – Penangkapan Lima satwa langka yang tidak memiliki ijin, oleh Direktorat Kriminal Khusus Subdit IV Unit I . Penangkapan ini dilakukan karena Pemilik Satwa Langka I Ketut Purnita tidak memiliki ijin pemeliharaan hewan langka ini.

Lima hewan yang ditangkap ini yakni, 2 burung merak hijau dan 1 burung kasuari, 1 ekor burung elang, 1 ekor burung rangkok . Direktur Direktorat Reserse kriminal Khusus Polda Bali, Kombes Pol. Yuliar Kus Nugroho. S.I.K., M.H. menjelaskan tersangka memelihara satwa yang dilindungi itu tanpa izin.
tersangka memang memiliki kecintaan terhadap binatang.

Tersangka diketahui sudah lama mengoleksi hewan-hewan yang dilindungi tersebut. “Kalau mau memelihara kan harus ada izin, dan hewan langka yang hampir punah itu dilindungi undang-undang, jadi tidak boleh sembarangan menyimpannya,” ungkap Kombes Pol. Yuliar Kus Nugroho. S.I.K., M.H., saat ditemui di ruangan DitKrimsus Polda Bali Kamis (24/1/2019)

Baca juga :  Kasus Guide Liar Asal Cina, Ribuan Anggota HPI Bali Protes ke Imigrasi Badung

I Ketut Purnita dapat dipersangkakan pasal 21 ayat (2) huruf a jo pasal 40 ayat (2) dan atau ayat (4) Undang undang nomor 5 tahun 1990 tentang KSDA. Selanjutnya saat ini masih dilakukan penyidikan lebih lanjut dan Satwa tersebut di titipkan di BKSDA Bali.(*)

Facebook Comments